Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2023, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota berhasil kembali menjadi merek kendaraan roda empat atau lebih paling laris di Indonesia sepanjang 2022, dengan penguasaan 32 persen dengan rata-rata penjualan 330.000 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 12 bulan penuh, distribusi mobil dari pabrik ke diler alias wholesales perseroan mencapai 331.410 unit. Jauh meninggalkan para pesaingnya yang rata-rata berada di 150.000 unit.

Demikian pula untuk penjualan ritel alias dari diler ke konsumen. Toyota berhasil mencapai total penjualan 329.498 unit. Sementara, pesaing terdekatnya yaitu Daihatsu dan Honda masing-masing 202.665 unit serta 131.280 unit.

Baca juga: Benarkah Mobil Manual Lebih Kuat di Tanjakan Dibanding Matik?

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Meski begitu, baik Daihatsu maupun Honda masih mempertahankan penguasaan pasar alias market share, berurutan 19 persen dan 12,5 persen. Artinya kedua merek ini sangat konsisten menjaga kinerjanya di Indonesia selama Januari-Desember 2022 kemarin.

Sementara pada posisi keempat, diisi Mitsubishi Motors yang berhasil melego 97.936 unit penjualan ritel dan 99.051 unit untuk wholesales-nya. Selisih cukup tipis dari Suzuki yang tepat berada di bawahnya dengan 90.408 unit.

Posisi enam merek mobil terlaris ada Mitsubishi Fuso dengan penjualan 37.566 unit dan ketujuh ditempati Isuzu dengan 36.646 unit.

Menariknya, pada posisi kedelapan saat ini ditempati Hyundai setelah menekuk Hino dan Wuling sekaligus dengan total penjualan wholesales 31.965 unit serta 30.193 unit pada sisi retail sales.

Baca juga: Penjualan Mobil di Indonesia Tembus 1 Juta Unit Selama 2022

Ilustrasi Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022OTOMOTIFNET/F YOSI Ilustrasi Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

Untuk diketahui, pada tahun sebelumnya Hyundai hanya mampu finis di urutan ke-13 jajaran merek mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan 2.875 unit saja.

Adapun Wuling, kini menempati posisi ke-10 dengan total penjualan wholesales sebesar 29.989 unit dan 24.270 unit penjualan ritel.

Capaian positif tersebut, seiring dengan total penjualan mobil nasional yang mencapai 1 juta unit usai terpuruk selama dua tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Angka ini hampir menyamai torehan rata-rata di kondisi normal yaitu 1,2 jutaan.

Baca juga: Inden Hyundai Ioniq 5 Kurang dari Setahun


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.