Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 Robotaxi Siap Meluncur, Bisa Jalan Sendiri

Kompas.com - 04/01/2023, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai bakal segera meluncurkan Ioniq 5 Robotaxi di Las Vegas pada akhir 2023.

Ioniq 5 ‘robot’ ini merupakan proyek kolaborasi antara Hyundai dengan Motional, yang merupakan perusahaan teknologi kendaraan otonom berbasis di Boston, Massachusetts.

Dikutip dari Carscoops, Rabu (4/1/2023), kedua perusahaan tersebut akan meluncurkan Robotaxi Ioniq 5 pada akhir 2023 di Las Vegas, sebelum kemudian memperkenalkan layanan tersebut di wilayah tersebut hingga akhirnya diluncurkan di kota-kota lain di negara bagian AS dan di seluruh dunia.

Bahkan, Hyundai dan Motional sudah menguji mobil ini di jalanan Boston, San Diego, dan Singapura.

Baca juga: Showroom Mobil Bekas Belum Sentuh Mobil Listrik

Model Ioniq 5 Robotaxi secara khusus memiliki lebih dari 30 sensor dan sistem komputasi canggih untuk menavigasi situasi yang paling tidak terduga sekalipun. Hal ini tentu sangat penting, terlebih jika digunakan di tempat ramai seperti Las Vegas.

Hyundai Ioniq 5 RobotaxiDoc Carscoops - Youtube Hyundai Hyundai Ioniq 5 Robotaxi

Ioniq 5 robotaxi juga telah dilatih untuk mengidentifikasi dan memprediksi perilaku semua pejalan kaki, meskipun mereka mengenakan kostum yang tidak biasa dan melakukan hal-hal aneh.

Dalam video yang diluncurkan oleh perseroan, dapat terlihat bahwa jika seorang pejalan kaki yang melakukan juggling di trotoar menjatuhkan sesuatu ke jalan, Ioniq 5 akan mengenalinya dan berhenti.

Hyundai juga mengklaim bahwa robotaxi ini layaknya sopir berpengalaman dan mampu menavigasi jalan masuk hotel yang padat di seluruh Las Vegas, mengidentifikasi individu yang meminta tumpangan, hingga dapat menjemput penumpang tanpa gangguan.

Adapun kendaraan tersebut saat ini memiliki dua operator di kursi depan untuk mengambil alih jika terjadi kesalahan, namun perusahaan berencana untuk menghapus operator ini dari kendaraan tahun depan.

Baca juga: Pedrosa Ungkap Kunci Keberhasilan Marquez di Honda

Rencananya Motional akan meluncurkan layanan Ioniq 5 Robotaxi perdana pada 2023 bersama perusahaan ride sharing Lyft.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.