Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil barang merupakan kendaraan niaga yang berkaitan penting pada perekonomian suatu negara.

Di Indonesia sendiri hampir semua aktivitas logistik berkaitan erat dengan mobil barang seperti truk atau pikap. Maka dari itu, jumlah dari mobil barang sangatlah berkaitan erat dengan kondisi perekonomian suatu wilayah. 

Berdasarkan data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Januari (4/1/2023), total kepemilikan mobil barang secara nasional ada 5.759.709 unit.

Baca juga: Harga Bensin Turun, Berkah Awal Tahun Bisnis Mobil Bekas

Jumlah tersebut hasil dari akumulasi dari kepemilikan mobil barang dari kedelapan pulau di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan Maluku Utara.

Dari data tersebut, Pulau Jawa menyumbang jumlah mobil barang terbanyak yaitu 2.833.935 unit. Artinya pulau Jawa menyumbang 49 persen untuk total jumlah mobil barang secara nasional di bulan pertama tahun 2023.

Jika secara rinci, Jawa Timur menjadi wilayah dengan populasi mobil barang terbanyak yaitu 745.965 unit.

Kemudian Sumatera menjadi pulau dengan jumlah mobil barang terbanyak kedua yaitu 1.521.819 unit. Di pulau Sumatera, Sumatera Utara menjadi wilayah paling banyak menyumbang kepemilikan mobil barang terbanyak dengan total 305.021 unit.

Pikap Esemka Bima 1.3L Garapan PT Solo Manufaktur KreasiKOMPAS.com/STANLY RAVEL Pikap Esemka Bima 1.3L Garapan PT Solo Manufaktur Kreasi

Sementara itu, Pulau Maluku dan Maluku Utara menjadi wilayah paling sedikit jumlah mobil barang yaitu hanya 28.858 unit.

Baca juga: Trio Modifikasi Toyota RAV4 Mejeng di Tokyo Auto Salon 2023

Adapun total kepemilikan kendaraan di Indonesia secara keseluruhan yaitu 152.565.905 unit. Torehan tersebut berdasarkan hasil dari akumulasi jenis kendaraan dari tiap pulau yaitu mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor hingga kendaraan khusus.

Berdasarkan data tersebut, populasi mobil barang saat ini mampu menyumbang 3,7 persen untuk jumlah kendaraan secara nasional di awal tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.