Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Terjang Banjir Rob, Segera Bilas dan Keringkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Daerah di garis pantai di Indonesia diprediksi akan mengalami banjir rob pada tanggal 3-10 Januari 2023. Penyebabnya adalah akan ada fenomena Full Moon pada periode tersebut.

Oleh karena itu, bisa saja ada beberapa ruas jalan yang akan terendam dengan air asin. Genangan tersebut bisa tinggi maupun rendah, jadi masih bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Perlu diketahui, melalui jalanan yang terendam banjir air asin dengan air tawar itu ada sedikit perbedaan. Air asin punya sifat yang lebih korosif daripada air tawar, motor berisiko berkarat jika tidak segera dibersihkan.

Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, setelah motor melewati genangan air asin, sebaiknya segera dibilas saat sampai rumah.

"Terkait air asin, segera dibilas saja, karena lebih korosif kalau tidak segera dibersihkan," ucap Gofur kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2022).

Gofur menjelaskan, semua komponen yang terbuat dari material logam sangat rawan berkarat, apalagi jika kena air asin. Dengan segera membersihkan sisa air asin, maka risiko cepat berkarat bisa berkurang.

"Tingkat cepat atau lambatnya karat tergantung juga dari jenis logamnya, kalau besi lebih cepat," ucap Gofur.

Bisa dibayangkan kalau pelek atau swing arm berkarat, tentu bisa mengganggu rasa berkendara. Apalagi jika sampai patah ketika sedang dikendarai, bisa bikin celaka.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/03/194100915/motor-terjang-banjir-rob-segera-bilas-dan-keringkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke