Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mobil Nyaman Usai Liburan, Ini Daftar Pemeriksaannya

Kompas.com - 03/01/2023, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai digunakan perjalanan jauh berlibur atau pulang kampung saat libur Natal dan tahun baru, mobil tetap perlu dilakukan pengecekan kembali.

Tujuannya untuk memastikan agar kondisi tetap prima ketika kembali digunakan menemani aktivitas sehari-hari. Baik untuk kerja dan lain sebagainya.

"Setelah libur tahun baru bersama keluarga, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan komponen mobil supaya terjaga kondisinya dan siap kembali beraktivitas," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan resminya, Senin (2/1/2023).

Selain memastikan kondisi mobil tetap sehat, ada banyak manfaat melakukan pengecekan ulang usai menempuh perjalanan jarak jauh, seperti menjaga agar tak boros bahan bakar serta mencegah kerusakan berat.

Baca juga: Mobil Terabas Banjir Rob, Jangan Lupa Langsung Cuci Kolong

Berikut daftar pengecekan mobil usai digunakan liburan :

- Ban

Pemeriksaan paling utama adalah tekanan udaranya yang harus sesuai rekomendasi pabrikan. Selain itu, perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, sampai bagian pelek mobil.

Pengecekan mobil di bengkel resmi ToyotaAuto2000 Pengecekan mobil di bengkel resmi Toyota

Jangan lupa untuk memeriksa ban candang dan melakukan spooring serta balancing untuk menjaga kondisinya. Hal ini bisa dilakukan dengan membawa ke bengkel resmi Auto2000.

- Oli mesin

Pengecekan oli mesin perlu dilakukan karena selama perjalanan kerjanya cukup berat. Perlu diketahui kondisi volumenya apakah masih cukup atau sudah berkurang, perhatikan juga warnanya jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, apalagi seperti tercampur air.

- Kaki-kaki mobil

Perhatikan shock absorber dari kebocoran dan karet-karet penyangga di sekitarnya dari potensi getas atau robek. Tak lupa mengecek kondisi selang rem untuk mencegah kebocoran

Lihat kondisi kampas rem cakram, sedangkan rem tromol cermati kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada masalah.

- Mesin

Bersihkan mesin dengan kain lap basah agar terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator panel instrumen apakah ada masalah.

Baca juga: Tak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Cek Oli Mesin Mobil Sendiri

Oli mesin Fastron untuk dieselErwin Setiawan Oli mesin Fastron untuk diesel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com