Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pebalap yang Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Saat Balapan

Kompas.com - 03/01/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kabar duka di awal 2023 menyelimuti dunia otomotif dan motor sport. Pereli sekaligus drifter terkenal, Ken Block, meninggal dunia karena kecelakaan snowmobile.

Dikutip dari Motortrend.com, Selasa (3/1/2023), Ken Block mengalami kecelakaan snowmobile hingga meninggal dunia di usia yang ke-55. Dia kerap tampil sebagai bintang Youtube Gymkhana. Videonya sudah ditonton para pencinta otomotif, khususnya drifting.

Rupanya, kecelakaan yang menyebabkan pebalap meninggal dunia tidak terjadi pada Ken Block. Sebelumnya, cukup banyak yang tewas lantaran kecelakaan yang dialami saat balapan.

Baca juga: Andal di Aspal dan Tanah, Ken Block Meninggal di Trek Salju

Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro mengalami kecelakaan saat balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico pada 4 September 2022.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro mengalami kecelakaan saat balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico pada 4 September 2022.

Berikut ini daftar pebalap yang meninggal karena kecelakaan saat balapan;

Roland Ratzenberger di GP San Marino 1994

Roland Ratzenberger meninggal di vase kualifikasi. Mobilnya kehilangan kendali dan menghantam dinding pembatas di tikungan Gilles Villeneuve.

Ayrton Senna di GP San Marino 1994

Hanya berjarak waktu satu hari, tragedi kembali terjadi di Sirkuit Imola. Ayrton Senna, juara dunia F1 1988, 1990, dan 1991, meninggal setelah mobilnya mengalami selip di tikungan tajam dan menghantam dinding pembatas. Senna meninggal karena sejumlah cedera di kepala.

Baca juga: Ken Block Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Snowmobile

Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen (kanan) dan Charles Leclerc (kiri), ketika beraksi pada balapan F1 GP Jepang 2022 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka pada Minggu (9/10/2022) siang WIB.AFP/ TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen (kanan) dan Charles Leclerc (kiri), ketika beraksi pada balapan F1 GP Jepang 2022 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka pada Minggu (9/10/2022) siang WIB.

Marco Simoncelli di MotoGP Malaysia 2011

Pada Minggu (23/10/ 2011) terjadi kecelakaan tragis di arena balap Moto GP Malaysia di Sepang mengakhiri karir balap Marco Simoncelli sekaligus hidupnya.

Tepatnya di tingkungan ke-11, Simoncelli hilang kendali atas motornya dan berbelok melintasi trek di tikungan 11 ke jalur Colin Edwards dan Valentino Rossi. Benturan ketiga pebalap ini pun tak dapat dihindari.

Sesaat setelah kecelakaan, pria berusia 24 tahun ini tergeletak dengan helm terlepas. Di sisi lain, motornya bersama dengan Colin Edwards terseret hingga keluar lintasan. Sedangkan Valentino Rossi yang berada paling pinggir turut keluar lintasan, tetapi tak sampai jatuh.

Baca juga: Jeremy Renner Jalani Operasi Usai Kecelakaan Membajak Salju

Max Verstappen saat berlaga pada GP Jepang dan mengunci gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2022Dok. Red Bull Racing Max Verstappen saat berlaga pada GP Jepang dan mengunci gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2022

 

Anthoine Hubert di F2 GP Belgia 2019

Pebalap Perancis, Anthoine Hubert, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan dalam balapan Formula 2 GP Belgia di Sirkuit Spa Francorchamps, Sabtu (31/8/2019).

Pebalap berusia 22 tahun ditabrak pebalap Ekuador-Amerika, Juan Manuel Correa, saat melaju dalam kecepatan tinggi. Hubert kehilangan kendali dan menabrak tembok pembatas di tikungan cepat Raidillon di Spa pada putaran kedua.

Nah, itu tadi beberapa pebalap yang meninggal dunia karena kecelakaan saat balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com