Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksimalkan Fitur Melimpah BMW X7 di Jalanan Perkotaan

Kompas.com - 02/01/2023, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tipe tertinggi dari model Sport Active Vehicle (SAV), BMW X7 memiliki beragam fitur canggih yang menarik dan fungsional untuk digunakan di jalan onroad maupun off-road.

Namun memang bila dipelajari, tampak fitur yang tersedia memiliki klasifikasinya sendiri seperti Adaptive Cruise Control, tak mungkin digunakan pada jalanan offroad. Fitur ini bisa maksimal bila dipakai di jalanan onroad atau perkotaan.

Dengan mengklasifikasikan sejumlah fitur canggih pada kendaraan berujuk The President ini, redaksi Kompas.com lantas langsung menjajal teknologi yang memudahkan sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan di dalam kabin saat X7 melaju di aspal.

Baca juga: Uji Performa Serta Ketangguhan BMW X7 di Dalam dan Luar Kota

BMW X7KOMPAS.com/DIO DANANJAYA BMW X7

Aspek pertama yang cukup menarik ialah hadirnya teknologi kamera dan radar yang bisa membantu pengemudi mengakses beragam fitur semi-otonom di mobil. Salah satunya, Adaptive Cruise Control dengan Approach Control yang pengaktifannya seperti mobil-mobil lain.

Dengan fitur ini, beban pengendara di balik setir saat melintas di jalan tol atau luar kota jadi sedikit berkurang karena kaki tak harus menginjak pedal gas maupun rem. Tetapi perlu diingat, pengemudi harus tetap awas dan bertanggung jawab atas pengendaraan.

Kemudian, ada front collision warning dengan brake intervention, lane departure warning, lane change warning, crossing traffic warning di belakang dan rear collision prevention, yang dapat mengurangi potensi kecelakaan dengan sistem mengambil alih pengereman ketika dibutuhkan.

Baca juga: Siksa BMW X7 di Medan Offroad, The President Diajak Main Air

Test Drive BMW X7dok.Sendy Darlis Test Drive BMW X7

Ada juga lane keeping assistant dengan active side collision protection, front crossing traffic warning, evasion assistant, crossroad warning dengan city braking function, steering serta lane control assistance dengan active navigation guidance.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik, hadirnya Parking Assistant Plus yang membantu pengemudi untuk memarkirkan mobil, baik pararel atau lateral. Caranya, cukup tekan tombol berlogo 'P' pada konsol tengah.

Kemudian nyalakan lampu sein apakah mobil ingin ke sisi kiri atau kanan dan melaju perlahan. Saat sensor membaca ada ruang yang bisa dimasukkan X7, maka akan ada pilihan di layar head unit.

Baca juga: Berapa Liter Ganti Oli Transmisi pada Mobil Matik?

Tekan dan gerakkan tuas transmisi ke posisi 'R'. Sehinga mobil akan mundur dengan lingkar kemudi berputar secara otomatis. Ikuti arahan pada head unit sampai mobil terparkir sempurna. Namun jangan lupa, kontrol tetap ada di pengemudi.

Dengan banyaknya fitur-fitur ini, pengendalian The President untuk aktivitas sehari-hari terasa kompak. Besarnya dimensi mobil dengan panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.805 mm, tidak terasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com