Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/12/2022, 12:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Iklan komersial merupakan saksi sejarah perkembangan dunia otomotif. Seperti yang dapat dilihat dalam iklan jadul alias zaman dulu helm half face ala polisi atau biasa disebut CHIPS pada era 80'an.

Dalam foto yang diunggah akun Instagram Rayuan Iklan, menampilkan helm half face ala polisi lalu-lintas di Amerika Serikat, dengan skema warna gelap di bagian jidat dan putih di tempurung bagian belakang.

Baca juga: Max Verstappen Puji Marc Marquez Sebagai Pejuang

Iklan tersebut menarik sebab menunjukkan perusahaan pembuat helm waktu itu yakni PT Dinaheti Motor Industri (DMI). Perusahaan yang konon merupakan awal mula dua merek helm terkenal asal Indonesia yaitu KYT dan NHK.

https://www.instagram.com/p/CmiSm1fpZWG/?igshid=NWQ4MGE5ZTk%3D

Helm CHIPS sendiri tersebut cukup menarik. Sebab pasti beredar saat masa kejayaan film CHIPS besutaan Warkop DKI pada 1982. Di mana film tersebut diadaptasi dari serial asal AS yaitu CHiPs yang tayang mulai 1977-1983.

Meski tampak keren saat ini helm half face sudah tidak direkomendasikan untuk pengendara motor. Adapun yang masih direkomendasikan dan sudah mengantungi SNI ialah helm open face.

Untuk diketahui, pada dasarnya helm memiliki dua jenis, yaitu helm tertutup  dan helm terbuka. Helm tertutup bisa juga disebut full face, sedangkan helm terbuka punya dua jenis yaitu open face dan half face.

Meski mirip nyatanya pengertian helm open face dan half face tidak sama. Perbedannya ialah bentuk helm yang menutupi bagian belakang kepala.

Manager Toko helm RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, saat ini banyak orang yang keliru mengatakan helm open face sebagai helm half face.

Film CHIPS besutaan Warkop DKI pada 1982.Foto: Youtube Film CHIPS besutaan Warkop DKI pada 1982.

Helm half face ialah helm yang menutup bagian tempurung atas kepala, kurang lebih bentuknya seperti helm proyek (cetok). Sedangkan helm open face bagian batoknya menutupi seluruh bagian kepala hingga leher dan hanya bagian muka hinga dagu yang terbuka,” ujar Aldi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

“Helm yang banyak beredar di pasaran dengan standar SNI ialah helm open face bukan helm half face. Sebab batoknya masih menutupi telinga dan seluruh bagian kepala,” kata dia.

Meski begitu, Aldi mengaku sudah paham jika ada konsumen bilang half face padahal yang diminta adalah tipe open face.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.