Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Iklan Helm Jadul CHIPS Ala Polisi Amerika

Dalam foto yang diunggah akun Instagram Rayuan Iklan, menampilkan helm half face ala polisi lalu-lintas di Amerika Serikat, dengan skema warna gelap di bagian jidat dan putih di tempurung bagian belakang.

Iklan tersebut menarik sebab menunjukkan perusahaan pembuat helm waktu itu yakni PT Dinaheti Motor Industri (DMI). Perusahaan yang konon merupakan awal mula dua merek helm terkenal asal Indonesia yaitu KYT dan NHK.

Meski tampak keren saat ini helm half face sudah tidak direkomendasikan untuk pengendara motor. Adapun yang masih direkomendasikan dan sudah mengantungi SNI ialah helm open face.

Untuk diketahui, pada dasarnya helm memiliki dua jenis, yaitu helm tertutup  dan helm terbuka. Helm tertutup bisa juga disebut full face, sedangkan helm terbuka punya dua jenis yaitu open face dan half face.

Meski mirip nyatanya pengertian helm open face dan half face tidak sama. Perbedannya ialah bentuk helm yang menutupi bagian belakang kepala.

Manager Toko helm RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, saat ini banyak orang yang keliru mengatakan helm open face sebagai helm half face.

“Helm half face ialah helm yang menutup bagian tempurung atas kepala, kurang lebih bentuknya seperti helm proyek (cetok). Sedangkan helm open face bagian batoknya menutupi seluruh bagian kepala hingga leher dan hanya bagian muka hinga dagu yang terbuka,” ujar Aldi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

“Helm yang banyak beredar di pasaran dengan standar SNI ialah helm open face bukan helm half face. Sebab batoknya masih menutupi telinga dan seluruh bagian kepala,” kata dia.

Meski begitu, Aldi mengaku sudah paham jika ada konsumen bilang half face padahal yang diminta adalah tipe open face.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/25/122100415/iklan-helm-jadul-chips-ala-polisi-amerika-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke