Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru 2023, Kendaraan Dilarang Melintas Sudirman-Thamrin

Kompas.com - 21/12/2022, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan bebas kendaraan bermotor alias car free night saat perayaan malam Tahun Baru 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Berlangsung mulai pukul 20.00 WIB sampai 02.00 WIB, Sabtu (31/12/2022), kebijakan ini dalam upaya menghindari kepadatan arus lalu lintas dan kerumunan ketika pergantian tahun berlangsung.

"Kami menerapkan car free night mulai pukul 20.00 WIB sampai 02.00 WIB dini hari," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta Diperpanjang

Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan  Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Untuk mengantisipasi pengunjung wilayah sekitar yang membawa kendaraan pribadi saat malam tahun baru, Dishub DKI berencana membuka 40 kantong parkir. Namun, kini Syafrin belum merinci titik mana saja lokasinya.

Mengingat pihak Pemprov DKI Jakarta akan menjadikan Thamrin 10 dan sepanjang jalan di sekitarnya menjadi pusat perayaan malam tahun baru di Jakarta. Akan ada panggung hiburan yang terpasang, sehingga butuh peninjauan kembali

"Kapasitas parkir saya rasa cukup mumpuni. Tapi, kami harap masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin untuk merayakan tahun baru, pakai layanan angkutan umum," kata dia.

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Cara Jual Mobil ke Penjual Mobil Bekas

TransJakarta misalnya, dipastikan masih tetap bisa melintasi Jalan Sudirman-Thamrin yang menghubungkan koridor 1 dengan rute Blok M-Kota. Tapi tidak ditampik apabila ada kepadatan petugas bakal merakayasa arus lalu lintasnya.

Terkait keamanan, Syafrin mengatakan bila pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. Diperkirakan ada sekitar 8.000 personel untuk mengawal dan mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com