Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kredit mobil bekas menjadi metode pilihan dalam membeli kendaraan mengikuti budget yang dimiliki. Setiap bulan, pembeli mobil bekas harus membayar cicilan dengan nominal tertentu mengikuti hitungan tenor yang dipilih.

Sama seperti membeli mobil baru dengan cara kredit, kredit mobil bekas juga biasanya akan bekerjasama dengan leasing.

Untuk aturan hitungan dana yang harus dikeluarkan juga sama seperti membeli mobil baru, jika pembeli ingin angsuran kecil maka harus mengeluarkan Total Down Payment (TDP) yang besar. Sementara itu, jika TDP yang dipilih kecil, maka angsurannya besar.

Baca juga: Crutchlow Tidak Menyangka Sulitnya Jadi Test Rider Yamaha

“Tergantung kemampuan konsumen, biasanya kalau untuk mobil kedua mereka akan cari TDP yang ringan seperti Rp 10-20 juta,” kata Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran kepada Kompas.com di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2022).

Andi menjelaskan jika alur pengajuan cicilan mobil bekas juga sama seperti membeli mobil baru. Bahkan, syarat untuk kredit mobil bekas tergolong ringan.


“Biasanya dilihat dulu nama calon pembeli tersebut tercantum di leasing lain tidak namanya. Diperiksa juga status kartu kredit. Kemudian melakukan BI checking, kalau keluar kol 5 atau punya kredit menunggak cicilan itu akan susah mengajukannya,” kata Andi.

Menurut Andi jika nama pengajuan cicilan mobil bekas masih terlibat cicilan lain akan sulit diproses oleh leasing. Biasanya hanya leasing tertentu yang mau menerima pengajuan. Hanya saja biasanya TDP yang dikeluarkan separuh dari harga mobil.

Baca juga: Cara Agar Profesi Pengemudi Truk Tidak Hilang, Tetapkan Upah Standar

Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran Kompas.com/ Janlika Putri Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran

Di luar itu mungkin tinggal tunjukan slip tabungan perputaran saldonya masuk kemana saja. Nanti akan dilihat oleh leasing apakah cukup perputaran uang tersebut untuk mencicil iuran mobil bekas yang pembeli inginkan.

“Apalagi kalau PNS itu lebih mudah, SK mereka bisa digadai. Kalau untuk pengusaha paling tempat usaha mereka akan di survei,” kata Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.