Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Karimun Kotak Warisan Ibu, Masih Bisa Tampil Keren

Kompas.com - 20/12/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Karimun ‘Kotak’ menjadi salah satu pelopor city car di Indonesia. Waktu awal meluncur pada akhir 1990-an, belum banyak produsen yang menghadirkan mobil berukuran kecil.

Kemudian pada awal 2000-an, mulai banyak pesaing dari Karimun Kotak. Namun, mobil ini terus menjadi pilihan konsumen indonesia sampai 2006, waktu terakhir kali Karimun Kotak diproduksi.

Baca juga: Bukan buat Pengecualian, Ini Fungsi Pelat Nomor Khusus RF

Kini usai 16 tahun sejak model terakhirnya dijual, Karimun Kotak masih kerap ditemukan di jalan Indonesia. Tak sedikit pemilik yang mempertahankan city car ikonik dari Suzuki ini, hingga kemudian dimodifikasi agar tampilannya tetap segar dan modern.

Suzuki Karimun KotakRifky Mahendra Putra Suzuki Karimun Kotak

Seperti yang dilakukan oleh Rifky Mahendra Putra. Pria yang akrab disapa Ikky ini melakukan modifikasi tipis-tipis pada Suzuki Karimun Kotak atau yang dijuluki Karko lansiran tahun 2002 miliknya.

“Jadi awalnya Karimun Kotak (Karko) ini adalah pemberian dari ibu saya. Beliau beli Karko pada 2012. Setelah 5 tahun pakai, pada tahun 2017 ibu saya pingin mobil matik, dari pada dijual akhirnya diberikan kepada saya untuk melanjutkan merawat si Karko. Saya pakai secara pribadi sejak 2017 sampai sekarang,” ucap Ikky kepada Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Ikky melanjutkan, sejak awal mobil Karko tersebut masih dalam kondisi yang layak. Hanya saja ada beberapa bagian bodi yang penyok dan baret. Dari situ ia memutuskan untuk merestorasi mobil ini ke kondisi semula dengan dana yang tidak mahal namun hasilnya maksimal.

Baca juga: Stop Dijual, Perjalanan 22 Tahun dari Karimun Kotak sampai Wagon R

Suzuki Karimun KotakRifky Mahendra Putra Suzuki Karimun Kotak

Modifikasi yang saya lakukan untuk saat ini memilih gaya OEM (Original Equipment Manufacturer) Look campur JDM. Karena OEM Look itu sendiri kalau menurut saya konsep nya cukup simpel mengembalikan mobil itu ke original atau bisa dikatakan bawaan pabrik. Serta biayanya masih ramah di kantong,” kata dia.

Untuk prosesnya, Ikky melakukan restorasi pada bagian eksterior terlebih dahulu, di mana kondisinya pada saat itu cukup memengaruhi nilai estetika.

“Saya putuskan untuk mengecat ulang bodi mengikuti warna aslinya yaitu hitam glossy. Bagian eksterior saya tambahkan decal Wagon R wide Jepang tema Sunset biar tidak polos,” ucap pria asal Klaten, Jawa Tengah ini.

Selain cat ulang, Ikky juga mengubah headlamp dan stoplamp standar pabrikan menggunakan lampu Karimun Kotak versi Jepang atau disebut mata panda di kalangan penggunanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.