Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 16:38 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Suzuki S-Presso resmi meluncur untuk melengkapi jajaran mobil penumpang di segmen city car. Sebelumnya, sudah ada Karimun Wagon R yang mengisi segmen tersebut.

S-Presso dibekali dengan mesin K10B, DOHC, 3-silinder, berkapasitas 998 cc. Mesinnya sama seperti yang digunakan pada Karimun Wagon R.

Baca juga: Alasan Suzuki Mendatangkan S-Presso ke Indonesia

Meski demikian, Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menegaskan bahwa S-Presso bukan sebagai pengganti Karimun Wagon R.

Suzuki S-PressoKompas.com/Adityo Suzuki S-Presso

"Sebab, ini berdasarkan hasil internal kami, masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dan kota-kota besar membutuhkan kendaraan penumpang dengan spesifikasi dan desain yang berbeda," ujar Donny, kepada wartawan, saat peluncuran S-Presso, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Tapi, dari statusnya sendiri sebenarnya cukup berbeda jauh. Karimun Wagon R merupakan low cost green car (LCGC) yang dibanderol Rp 130 jutaan untuk tipe tertinggi dan sekarang sudah tidak dipasarkan lagi.

Mesin Suzuki S-PressoKompas.com/Donny Mesin Suzuki S-Presso

Sedangkan S-Presso, diimpor secara utuh alias completely built up (CBU) langsung dari India. Mobil berdimensi kompak ini dipasarkan dengan harga Rp 155 juta (OTR Jakarta) untuk transmisi manual. Sedangkan transmisi Auto Gear Shift (AGS), harganya Rp 164 juta (OTR Jakarta).

Mobil ini bisa dilihat langsung di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang digelar di ICE BSD. Pameran ini berlangsung mulai 11 Agustus hingga 21 Agustus 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com