Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Berencana Tutup Jalur Puncak Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 19/12/2022, 09:32 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, kabarnya bakal ditutup pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Semantara itu, kepolisian juga berencana merekayasa lalu lintas malam pergantian Tahun Baru nanti.

Baca juga: Mau Bikin SIM, Jangan Pakai Baju Warna Ini

Polisi memutar balik sejumlah kendaraan di jalur Puncak perbatasam Cianjur-Bogor, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan untuk mencegah lonjakan pengunjung wisata di Cianjur.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Polisi memutar balik sejumlah kendaraan di jalur Puncak perbatasam Cianjur-Bogor, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan untuk mencegah lonjakan pengunjung wisata di Cianjur.

Dilansir dari NTMC Polri (18/12/2022), kawasan Puncak kabarnya akan ditutup total dari 31 Desember 2022, pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.

Iptu Ketut Laswarjana, KBO Lantas Polres Bogor, mengatakan, untuk persiapan libur Natal dan Tahun Baru, Satlantas Polres Bogor telah mengantisipasi dengan membangun sejumlah pos pelayanan.

Pos pelayanan ini dibangun di beberapa lokasi, seperti di Posko Polisi Gadog, Masjid Attaawun dan beberapa lokasi titik rawan kemacetan dengan menempatkan personel di lokasi tersebut.

Baca juga: Kasus Kecelakaan ASN Sulut dengan Warga Sipil, Pelaku Harus Bertanggung Jawab

Ia juga mengimbau para pengguna jalan yang akan memasuki kawasan puncak, agar menaati peraturan lalu lintas dengan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan kesiapan teknis kendaraan.

Seperti diketahui, jelang libur Nataru yang berlangsung beberapa hari lagi, arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor Jawa Barat terlihat mulai terjadi peningkatan volume kendaraan.

Pada Minggu (18/12/2022), antrean terlihat mulai keluar pintu Tol Ciawi ke arah Gadog. Polisi pun sempat memberlakukan kebijakan ganjil genap.

Sementara itu, kepadatan juga mulai terjadi di jalur Puncak, seperti di tanjakan Selarong, Megamendung, dan di Pasar Cisarua, serta objek wisata sekitar Puncak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com