Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Dirakit Lokal, DFSK Pastikan Harga Gelora E Lebih Murah

Kompas.com - 14/12/2022, 13:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile (DFSK) memastikan akan mulai melakukan perakitan lokal alias Incompletely Knock Down (IKD) Gelora E di pabriknya yang berada di Cikande, Serang, Banten, mulai 2023.

Salah satu keuntungannya, yaitu mereduksi harga jual sehingga dipastikan Gelora E punya banderol lebih murah.

Perlu diketahui bahwa Gelora E yang sekarang sudah dipasarkan itu merupakan impor utuh alias completely built up (CBU) China, sehingga dikenakan pajak impor dari Tiongkok sekitar 40 persen.

Baca juga: Penjualan DFSK Kembali Menurun Oktober 2022

"Tentunya dengan perakitan lokal ini harganya akan lebih murah, karena tidak kena lagi pajak impor dari China," ungkap CEO Sokonindo Automobile Alexander Barus di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2022).

Barus menjelaskan, kapasitas produksi di pabrik DFSK yang berlokasi di Cikande ini masih cukup besar untuk dieksplorasi karena dari total kapasitas sekitar 50.000 unit per tahun baru terpakai sekitar 15-20 persen.

DFSK Gelora E di PEVS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL DFSK Gelora E di PEVS 2022

"Kita akan ada investasi tambahan tapi nilainya kecil. Paling penting kita sudah bisa memproduksi mobil listrik secara lokal sehingga konsumen bisa lebih untung membeli mobil listrik kita," tutur Barus

Sementara itu, Sales and Marketing Director PT Sokonindo Automobile (DFSK) Rifin Tanuwijaya menambahkan, untuk harga tentunya akan tereduksi cukup jauh antara Rp 100 jutaan sampai Rp 150 jutaan. 

"Harganya menjadi lebih murah, dengan begitu nanti harga Gelora E bisa sekitar Rp 350 juta dan untuk E-Mini Bus akan menjadi Rp 399. Dan DFSK juga akan ekspor juga Gelora EV ke beberapa negara Asia dan Afrika,” kata Rifin.

Kemudian terkait dengan komponen dalam negeri (TKDN), DFSK memiliki komitmen di tahun 2024 bisa mencapai 60 persen dan tahun berikutnya 80 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com