Kompas.com - 23/11/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) menjadi salah satu mobil asal China yang meramaikan pasar otomotif Indonesia beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales DFSK Oktober 2022 ini kembali melemah. Fakta data Ini merupakan kedua kalinya atau secara berturut-turut penjualan DFSK alami penurunan.

Baca juga: Kendaraan Hybrid Bisa Percepat Era Elektrifikasi di Indonesia

Pada bulan kesepuluh tahun ini, DFSK mencatatkan penjualan wholesales 101 unit. Sementara itu, di bulan sebelumnya mampu menjual 128 unit. Artinya, ada penurunan penjualan sekitar 21 persen dari bulan sebelumnya.

Dari sisi lain, DXK1021 atau Super Cab menjadi penyumbang penjualan terbesar sekaligus penyumbang tunggal bagi DFSK di Oktober 2022. Artinya mobil segmen pikap tersebut berkontribusi 100 persen bagi penjualan DFSK. 

Kemudian, mobil terlaris kedua di bulan sebelumnya dari DFSK yaitu Gelora, justru tidak mencatatkan penjualan sama sekali. Padahal pada September 2022, Gelora berhasil mencatatkan penjualan 27 unit.

DFSK Gelora E JaklingkoDOK. DFSK DFSK Gelora E Jaklingko


Tidak hanya Gelora, Glory yang sebelumnya menorehkan penjualan 20 unit juga merosot. Glory tidak ada penjualan yang tercatat, padahal bulan September tahun ini menunjukkan kinerja positif.

Baca juga: Alasan Kijang Innova Zenix Hanya Tersedia Transmisi Otomatis

Berikut daftar 3 mobil DFSK terlaris di Indonesia Oktober 2022 (wholesales):
1. DXK1021 : 101 unit
2. Gelora : 0 unit
3. Glory : 0 unit

Berikut daftar 3 mobil DFSK terlaris di Indonesia September 2022 (wholesales):
1. DXK1021 : 81 unit
2. Gelora : 27 unit
3. Glory : 20 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.