Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi Kijang Innova Zenix Vs Wuling Almaz Hybrid

Kompas.com - 10/12/2022, 16:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil hybrid semakin beragam di Indonesia. Belum lama ini, modelnya bertambah dengan hadirnya Wuling Almaz Hybrid dan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

Jika dibandingkan secara segmen, kedua mobil ini memang sangat berbeda. Almaz Hybrid dengan konfigurasi tujuh penumpang merupakan sport utility vehicle (SUV).

Sedangkan Innova Zenix Hybrid, sejatinya adalah multi purpose vehicle (MPV) yang dapat menampung hingga delapan penumpang.

Baca juga: Cek Daftar Harga Mobil Hybrid Jelang Akhir Tahun

Namun, jika dibandingkan bagian lainnya, kedua mobil ini bisa dikatakan cukup setara. Almaz Hybrid dan Innova Zenix Hybrid sama-sama dibekali dengan mesin 2.000 cc, non turbo.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EVKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Soal performa, Almaz Hybrid dapat menghasilkan tenaga sebesar 123 tk pada 5.600 rpm dan torsi 168 Nm pada rentang 4.000 rpm hingga 4.400 rpm. Lalu, didukung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang menyimpan tenaga sebesar 174 tk dan torsi 320 Nm.

Sedangkan Innova Zenix Hybrid, memiliki tenaga sebesar 150 tk pada 6.000 rpm dan torsinya 187 Nm pada rentang 4.400 rpm hingga 5.200 rpm. Motor listriknya bertenaga 111 tk dengan torsi 206 Nm.

Baca juga: Gas Buang Mobil Hybrid Bisa Dekati Hasil Emisi Mobil Listrik

Pada Almaz Hybrid, mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Sementara Innova Zenix Hybrid, mengandalkan sistem transmisi e-CVT.

Wuling Almaz HybridKompas.com/Donny Wuling Almaz Hybrid

Sistem hybrid yang digunakan juga berbeda. Almaz Hybrid, penggunaan mode EV dilakukan secara otomatis. Sementara Innova Zenix Hybrid diaktifkan secara manual oleh pengendaranya.

Soal teknologi, Almaz Hybrid sudah dibekali dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terbilang lengkap untuk mobil sekelasnya. Sementara Innova Zenix Hybrid yang dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, tidak selengkap Almaz Hybrid.

Baca juga: Sama-sama Hybrid, Innova Zenix Tipe G Lebih Murah dari Wuling Almaz

Dari segi harga, Almaz Hybrid juga lebih unggul, karena lebih terjangkau, yakni Rp 470 juta (OTR Jakarta) dan hanya ada satu tipe. Sementara Innova Zenix, dibanderol mulai Rp 458 juta hingga Rp 614 juta (OTR Jakarta).

Jika dilihat dari spesifikasi dan harga, Almaz Hybrid tampak lebih unggul dari Innova Zenix Hybrid. Tapi, soal popularitas dan kepercayaan konsumen, Toyota nampaknya masih lebih unggul dari Wuling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com