Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak hanya genangan dan jalan yang licin, saat musim hujan pengendara  juga harus pintar-pintar memilih lokasi parkir.

Pasalnya, cuaca ekstrem rawan memicu angin kencang yang berisiko menyebabkan pohon tumbang, baliho roboh, dan lain sebagainya.

Sony Susmana Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, untuk mencegah kecelakaan karena faktor cuaca buruk mobil bisa diparkirkan di tempat tertutup seperti garasi rumah, atau basement gedung. 

"Di tempat parkir terbuka risikonya tinggi, mobil bisa tertimpa pohon, billboard, atau tiang listrik. Selain itu, juga risiko banjir yang menenggelamkan mobil, bisa hanyut," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022). 

Baca juga: DPR Dukung Indonesia Jadi Pemain Industri Mobil Listrik

Meskipun demikian, jika terpaksa parkir di tempat terbuka, Sony mengingatkan, untuk sebelumnya mengantisipasi dengan memperkirakan kondisi lingkungan saat cuaca buruk. 

Mobil tertimpa pohon tumbang saat bencana puting beliung di Sidoarjo, Minggu (23/10/2022).Dok BPBD Provinsi Jatim Mobil tertimpa pohon tumbang saat bencana puting beliung di Sidoarjo, Minggu (23/10/2022).

"Jika benar-benar tempatnya terbuka, ada ruang beberapa meter dari pohon malah aman. Tanah di sekitarnya juga dilihat, apakah ada kemungkinan longsor atau banjir. Yang paling mengkhawatirkan kalau parkir dekat sungai," kata dia. 

Khusus parkir di lingkungan rumah atau kompleks garasi terbuka, Sony menyarankan, mobil sebaiknya ditutup sarung atau cover khusus. 

Hal tersebut sebagai langkah preventif mencegah terjadinya kerusakan akibat benturan benda-benda yang terbang tertiup angin. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Isi BBM Saat Hujan Dapat Volume Lebih Banyak

Cover mobildok.CoverSuper Cover mobil

"Debu-debu, pasir, ranting banyak beterbangan saat hujan deras. Mobil jarang pakai sebaiknya ditutup cover, melindungi permukaan bodi dari jamur dan air hujan langsung," tambahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com