Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi BBM Suzuki Baleno 2022, Dalam Kota Tembus 14,3 Kpl

Kompas.com - 06/12/2022, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan berbagai perubahan signifikan pada hampir seluruh aspeknya, termasuk mesin, membuat konsumsi Suzuki Baleno 2022 lebih bertenaga sekaligus hemat bahan bakar minyak (BBM).

Diketahui saat ini, mobil hatchback yang diimpor dari India tersebut dibekali mesin K15B yang berkapasitas 1.462 cc. Mesin serupa digunakan pada kendaraan andalan Suzuki seperti XL7 sampai Ertiga.

Melalui transmisi AT 4-percepatan, Baleno mampu menghembuskan tenaga hingga 104 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.000 rpm. Di atas kertas dayanya memang ada perubahan dibandingkan model sebelumnya, tapi bagaimana dengan konsumsi BBM-nya?

Baca juga: Ketahui Ini biar Rantai Motor Tetap Awet Selama Musim Hujan

Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Test drive Suzuki New Baleno hatchback di GIIAS 2022

Untuk membutikan hal ini, redaksi Kompas.com melakukan pengujian dengan dua cara yaitu konsumsi BBM di jalur dalam kota dengan jarak hingga 60 Km (jalan arteri) dan jalur luar kota yang berjarak 80 Km (jalan kombinasi dengan tol).

Dalam pengujian yang dilakukan, bahan bakar yang digunakan ialah RON 92. Untuk rute di dalam kota, ialah sekitaran MT Haryono-TB Simatupang-Kalimalang-MT Haryono dengan jarak sejauh 65 Km.

Kondisi jalan dilalui saat jam pulang kerja dengan kondisi semua fitur menyala termasuk AC. Sehingga cukup menggambarkan penggunaan sehari-hari di jalur perkotaan khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya.

Hasilnya, cukup mengejutkan karena mesin 1.400 cc baru milik Baleno mampu mencatatkan efisiensi BBM 14,3 Kilometer per-liter (Kpl). Hasil ini cukup memuaskan untuk mobil mungil yang digunakan di lajur perkotaan.

Baca juga: Diskon Hatchback Jelang Akhir Tahun, Baleno dan City Tembus Rp 25 Juta

Konsumsi BBM Suzuki Baleno 2022 di luar kotaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Suzuki Baleno 2022 di luar kota
 

Sedangkan untuk rute luar kota, mayoritas yang dilewati adalah bebas hambatan alias tol. Pengetesan yang redaksi lakukan ialah perjalanan dari Jakarta-Ciputat-Jakarta dengan total jarak tempuh 85 Km.

Hasilnya, Baleno terbaru mampu mencatatkan rata-rata konsumsi BBM 18,5 Kpl. Sangat jauh dibanding pengujian di dalam kota sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com