Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Jalan Tol dan Tempat Istirahat Terbaik Tahun 2022

Kompas.com - 10/12/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melakukan penilaian pada jalan tol dan tempat istirahat, yang meliputi aspek kenyamanan, kelancaran, dan keselamatan bagi para pengguna.

Kegiatan Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan (JTB) Tahun 2022 dilakukan mulai 26 September hingga 6 November 2022, terhadap 47 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), 67 ruas Jalan Tol, dan 136 rest area yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Tahun ini penilaian Jalan Tol Berkelanjutan dinilai oleh para pakar individu serta tim penilai dari Kementerian PUPR, yang berfokus terhadap unsur "hemat energi dan beautifikasi" di lingkungan Jalan Tol.

Baca juga: Honda Forza 250 Terbaru Siap Meluncur, Dijual Rp 79 Jutaan

 Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).Dok. KemenKopUKM Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).

Tentunya juga penilaian kualitas layanan mencakup fungsi utama Jalan Tol yang berkeselamatan, fungsi pendukung dan pelengkap di jalan tol maupun rest area.

Pengumuman Penilaian Jalan Tol & Rest Area Berkelanjutan Tahun 2022 telah dilaksanakan pada puncak Hari Bakti PU Ke-77.

Pada acara ini, penghargaan diberikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), selaku pengelola ruas Jalan Tol yang telah dinobatkan sebagai pemenang dengan bermacam kategori.

Baca juga: Diusulkan Dapat Subsidi Mobil Listrik, Begini Tanggapan Esemka

JMT Regional Division Head Widiyatmiko Nursejati, selaku asset manager untuk Jalan Tol Jagorawi, Sedyatmo, dan Cipularang menjelaskan, penghargaan ini menjadi salah satu alat ukur untuk evaluasi terhadap pelayanan operasional jalan tol dan pencapaian inovasi.

“Untuk Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya yang diraih oleh jalan tol tersebut. Namun, hal ini tidak menjadikan Jasa Marga berhenti untuk berinovasi dan terus melakukan peningkatan pelayanan,” ujar Miko, dalam keterangan tertulis yang dilansir Jumat (9/12/2022).

Sementara itu, Direktur Utama PT JMRB Dian Takdir, menjelaskan, rest area selain berfungsi sebagai tempat istirahat, dapat juga dijadikan sebagai objek wisata lokal yang memiliki karakteristik serta estetika lingkungan.

Baca juga: SPK Toyota Kijang Innova Zenix 4.000 Unit, Dominan Varian Hybrid

Pelaku UMKM di Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).Dok. KemenKopUKM Pelaku UMKM di Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).

“Saya mewakili PT JMRB mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami,” ucap Dian, pada kesempatan yang sama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.