Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Paten Skuter Roda Empat Piaggio Bocor

Kompas.com - 09/12/2022, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber visordown

JAKARTA, KOMPAS.com - Gambar paten skuter Piaggio beroda empat bocor di dunia maya. Pabrikan asal Italia itu diketahui sedang mengembangkan skuter MP3 namun beroda empat ala Qooder.

Seperti diketahui, Piaggio MP3 merupakan salah satu skuter ikonik. Motor dengan konfigurasi roda tiga itu pertama kali meluncur pada 2006 dan kemudian membawa merek lain melakukan hal serupa.

Baca juga: Toyota Sebut, Innova EV Masih Berstatus Studi

Mengutip Visordown, kini tampaknya Piaggio ingin melangkah lebih jauh dengan menambahkan satu roda ladi di belakang. Konsep motor empat roda ini sebetulnya bukan hal baru, sebab sudah digawangi oleh Qooder.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance Foto: Istimewa Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

Cycle World melaporkan bahwa belum ada penamaan untuk model baru ini namun karena beroda empat maka disebut 'MP4' paduan dari MP3 dengan MyMoover. Namun soal cara kerja disebut lebih mirip dengan MyMoover.

Bedanya ialah, MP3 punya dua roda di depan dan satu di belakang. Sedangkan MyMoover kebalikannya, satu di depan dan dua di belakang, yang merupakan motor niaga alias motor angkut barang.

Bicara soal paten MP4 yang bocor pada dasarnya memiliki dua roda di depan yang beroperasi lewat kontrol setang, berbeda dengan sistem sambungan terpisah untuk setiap roda seperti pada MP3.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Wuling Almaz Hybrid, Rp 250.000 Per Bulan

Gambar paten Piaggio beroda empat bocor di dunia maya. Foto: Visordown Gambar paten Piaggio beroda empat bocor di dunia maya.

Jika melihat paten yang ada desain kendaraan roda empat baru ini lebih ringan, sederhana, dan murah daripada MP3. Sistem kerja roda belakangnya juga beda dengan Qooder, jika melihat gambar paten justru mirip dengan Honda Gyro.

Ditengarai 'MP4' dibangun sebagai komuter kota atau juga bisa sebagai kendaraan pengiriman. Roda empat bisa menjadi jawaban untuk masalah stabilitas yang sering dikeluhkan motor dengan ban depan satu dan belakang dua.

Meski patennya sudah bocor bukan berarti motor bakal meluncur secepatnya. Paten sering kali hanya untuk menjaga kekayaan ide agar tidak dipakai pesaing. Namun jika melihat paten yang ada tampak motor siap jadi prototipe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com