Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik banyak diminati karena menawarkan kemudahan dalam berkendara. Beda denga transmisi manual.  

Meski demikian, mobil matik juga membutuhkan perawatan khusus yang tak boleh diabaikan pemiliknya. 

Oli transmisi jadi salah satu yang terpenting dalam hal perawatan. Selain itu, pengoperasian yang benar saat menggunakan mobil matik juga sangat berperan dalam menjaga keawetan komponen seperti kampas kopling

Banyak kasusk kerusakan transmisi matik, terutama yang membuat kampas kopling aus atau cepat menipis karena kebiasaan pemakaian yang asal. 

Baca juga: Apa Benar Kampas Kopling Tipis Bikin BBM Boros?

"Banyak kebiasaan sepele, seperti menahan gigi di posisi D saat mobil berhenti di lampu merah dibiarkan terus berlarut. Selain itu, memainkan gaya seperti halnya mobil manual, menahan beban di tanjakan menggunakan transmisi," ucap Hermas E Prabowo, Pemilik Bengkel Worner Matic kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022). 

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Kampas kopling cepat panas juga bisa menyebabkan aus. Hermas menyebut, istilahnya adalah overheat transmisi, secara garis besar faktornya karena penggunaan mobil melebihi batas. 

Seperti diketahui, mobil matik membutuhkan waktu istirahat beberapa lama untuk mengatur pasokan oli transmisi

"Butuh jeda waktu sebentar, mobil matik yang digunakan 4 jam tanpa henti kualitas oli di ruang transmisi menurun sendirinya. Terlebih untuk medan berat seperti pegunungan, atau melaju kecepatan tinggi di jalan tol," ucapnya. 

Mobil matik membutuhkan sirkulasi oli yang berkualitas untuk menjaga keseimbangan dan efisiensi. Selain itu, Hermas menekankan, pentingnya pergantian oli transmisi sesuai jadwal.

Operasional mobil dalam kota dan luar kota juga ada batas aman yang bisa dijadikan acuan sebelum kondisi serius merugikan. 

Baca juga: Daftar Harga Oli Mobil Transmisi Matik Desember 2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.