Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban bocor atau pecah menjadi salah satu kendala yang kerap dialami oleh pengendara mobil saat perjalanan.

Selain menghambat perjalanan untuk sampai ke tujuan, kejadian ban pecah juga membuat pengemudi mau tidak mau harus mengeluarkan tenaga untuk mengganti ban pecah dengan ban cadangan.

Baca juga: Jorge Viegas Kembali Terpilih sebagai Presiden FIM

Bagi pengendara mobil pria mengganti ban mobil sendiri bukanlah hal yang sulit. Namun mengganti ban mobil tentunya akan menjadi tantangan yang sulit dilakukan oleh pengemudi wanita.

Bahkan, banyak pengendara wanita yang justru langsung panik saat mengalami ban mobil yang dikendarainya kempis karena tidak bisa mengganti ban.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi membagikan beberapa tips bagi para pengendara mobil wanita yang mengalami ban kempes dan perlu melakukan penggantian.

“Cara mengganti ban yaitu pastikan mobil berada di tempat yang aman dan rata. Jangan lupa untuk letakan segitiga pengaman untuk menghindari tertabrak kendaraan lain. Lalu ambil peralatan untuk mengganti ban seperti dongkrak, kunci ban dan ban cadangan,” kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022.

Didi juga menyarankan agar pengemudi wanita yang ingin mengganti ban untuk mengunci semua pintu mobil.

Hal tersebut untuk menghindari orang lain masuk dan mengambil sesuatu dalam mobil saat mengganti ban. Jangan lupa untuk menarik rem tangan sebelum proses penggantian ban.

Ban mobil bisa kempis tiba-tiba, bahkan saat perjalananKompas.com/Erwin Setiawan Ban mobil bisa kempis tiba-tiba, bahkan saat perjalanan

Bila rem tangan sudah ditarik dan semua pintu mobil terkunci, pengemudi bisa langsung masuk ke tahap penggantian ban.

Pertama kendorkan mur baut roda ke arah kiri dengan posisi salah satu lutut dilantai.
“Kalau keras injak kunci roda dengan kaki, namun hati-hati terhadap kunci rodanya. Setelah semua mur atau baut kendor, pasang dongkrak pada tempatnya,” kata Didi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.