Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 08:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Fasilitas bus zaman sekarang semakin berkembang mengikuti zaman. Salah satu fitur yang kini lazim ada pada bus AKAP adalah Wifi.

Bukan cuma di Pulau Jawa, bus yang ada di Sumatera pun sudah dilengkapi dengan Wifi, salah satunya adalah milik PT Antar Lintas Sumatera atau PO ALS. Peran Wifi saat ini sangat dibutuhkan, apalagi dalam perjalanan jauh.

Mengingat untuk perjalanan bus ALS, misalnya dari Jakarta ke Medan bisa menghabiskan waktu lebih dari dua hari dua malam. Jadi jika mengandalkan paket internet saja, tentu bisa habis di tengah jalan.

Baca juga: Mobil Jenazah Unik Buatan Morodadi Prima, Pakai Bodi Bus Medium

Bus AKAP baru PO ALSLaksanabus Bus AKAP baru PO ALS

Alwi Batondang, Humas PO ALS mengatakan, bus ALS memang sudah dilengkapi dengan Wifi, tapi masih terbatas, tergantung daerah yang dilewati.

"Jaringan Wifi ini tidak semua Lintas Sumatera tersedia. Ada di daerah tertentu yang tidak bisa," kata Alwi kepada Kompas.com di Medan belum lama ini.

Sama seperti kartu perdana yang ada di telepon genggam, ketika tidak ada sinyal, maka Wifi tidak bekerja. Berdasarkan pengalaman kami melewati Lintas Timur Sumatera, memang beberapa titik sempat smartphone yang digunakan kehilangan sinyal.

Baca juga: Honda Siapkan Motor Listrik Harga Rp 16 Jutaan?


"Ada di daerah tertentu tidak bisa (Wifi) tidak terhubung. Sinyalnya mengikuti," ucap Alwi.

Wifi yang ada pada bus sebenarnya seperti memakai modem tambahan yang dipasang kartu operator. Jadi bisa atau tidak Wifi digunakan selama perjalanan, tergantung dari sinyal operator yang dipilih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com