Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 10:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Nissan Kicks merupakan mobil hybrid dengan rangkaian seri, meski seringnya disebut sebagai mobil listrik dengan dilengkapi generator.

Mobil ini tidak bisa mengisi baterai menggunakan wall charger layaknya mobil listrik ketika daya baterainya habis, tetapi masih mengandalkan mesin bakar. Oleh karena itu, mobil ini lebih pas jika disebut mobil hybrid dengan rangkaian seri.

Meski demikian, Nissan Kicks hanya bisa digerakkan oleh satu sumber tenaga yaitu motor listrik. Jadi, mobil ini bisa menempuh jarak cukup jauh meski tidak menggunakan BBM. Dengan kata lain, hanya mengandalkan daya baterai yang tersisa. Lantas, bagaimana bila mobil ini sampai kehabisan daya baterai?

Baca juga: Bisakah Nissan Kicks Dioperasikan Tanpa BBM?

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Kepala Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin mengatakan, bila Nissan Kicks kehabisan bensin kendaraan masih bisa melaju, tapi kalau sampai baterainya yang habis maka akan mogok.

“Kalau sampai baterai Nissan Kicks habis, maka mobil akan mogok karena sudah tidak ada yang bisa diandalkan lagi sebagai sumber tenaga,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Kamis (1/12/2022).

Dia mengatakan, meski mogok, penanganan Nissan Kicks yang kehabisan baterai lebih mudah jika dibandingkan dengan mobil hybrid.

Baca juga: Salah Kaprah Nissan Kicks Kerap Disebut Mobil Listrik padahal Hybrid

Nissan Kicks e-Power 2022Dok. Nissan Nissan Kicks e-Power 2022

“Dengan mengisi bensin pada Nissan Kicks, maka seharusnya mesin bakar akan menyala dengan sendirinya, ini bisa terjadi karena ketika motor listrik dimatikan sebenarnya masih ada cadangan daya baterai untuk menyalakan mesin bakar,” ucap Jamal.

Dia mengatakan, ketika tombol start di Nissan Kicks ditekan, itu sebenarnya bukan untuk menghidupkan mesin bakar, melainkan hanya sebagai sakelar motor listriknya saja.

“Mesin akan menyala secara otomatis bila bensin mulai diisikan, mesin bakar akan mengisi daya baterai, dan mobil bisa segera dioperasikan kembali, jadi penanganannya lebih mudah ketika mobil ini mogok kehabisan bensin dan kehabisan daya baterai,” ucap Jamal.

Baca juga: Nissan Kicks Facelift Meluncur di Jepang, Lebih Bertenaga

Nissan Kicks e-Power 2021 di JAW 2022.Kompas.com/Janlika Putri Nissan Kicks e-Power 2021 di JAW 2022.

Dia mengatakan, hal yang perlu diperhatikan adalah untuk mematikan perangkat elektronik ketika daya baterai kehabisan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.