Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Kicks tergolong unik untuk dibicarakan. Sebab, unit ini diperkenalkan sebagai mobil listrik yang dilengkapi generator oleh tim marketing Nissan. Padahal, mobil ini bisa disebut sebagai mobil hybrid dengan rangkaian seri.

Polemik tersebut bertebaran di sosial media, baik dari kalangan penjual, pengguna, atau bahkan influencer. Namun faktanya, mobil ini dilengkapi dengan mesin bakar sebagai pengisi daya baterai. dan dilengkapi motor listrik pula sebagai penggerak.

Jika melihat dari cara kerjanya, sepertinya mobil ini memang cukup aman digunakan meski kehabisan bahan bakar di jalan. Lantas, apakah mobil ini bisa tetap berjalan walau tidak menggunakan BBM?

Baca juga: Salah Kaprah Nissan Kicks Kerap Disebut Mobil Listrik padahal Hybrid

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Kepala Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin, mengatakan Nissan Kicks bisa tetap berjalan meski tidak menggunakan BBM, dan jarak yang ditempuh lumayan jauh.

“Dari pengamatan kami, Nissan Kicks bisa dioperasikan meski tanpa BBM, sama persis dengan mobil listrik, hanya mengandalkan motor dan level daya baterai yang bisa dipantau di layar informasi atau MID,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Dia mengatakan batas penggunaan motor listrik pada Nissan Kicks ditentukan oleh daya baterai yang tersisa selama mesin bakar tidak beroperasi.

Baca juga: Diskon Mobil Hybrid di GIIAS 2022, Kicks e-Power Tembus Rp 60 Juta

Nissan Kicks e-Power 2022Dok. Nissan Nissan Kicks e-Power 2022

“Ketika bensin habis, di layar informasi akan muncul peringatan pertama, tapi mobil tetap akan bisa berjalan bila daya baterainya masih cukup, tapi ketika seharusnya mesin bakar bekerja untuk mengisi daya baterai, mesin tidak akan hidup karena bensin habis,” ucap Jamal.

Dia mengatakan batasan Nissan Kicks bisa dioperasikan tanpa BBM bisa menempuh jarak lumayan jauh.

“Akan muncul peringatan yang kedua, ketika daya baterai menyentuh level 10 persen, di layar informasi memang mobil masih bisa menempuh 100 Km, tapi sebaiknya pengendara memanfaatkan daya baterai yang tersisa untuk membeli bensin ke SPBU,” ucap Jamal.

Baca juga: Nissan Masih Mengandalkan Kicks e-Power untuk Indonesia

Dia mengatakan bila dipaksakan, motor listrik pada mobil ini akan berhenti, sehingga tidak bisa melaju sampai mesin bakar terisi bensin kembali.

Jadi, Nissan Kicks bisa saja dioperasikan tanpa BBM selama daya baterainya masih cukup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.