Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki mobil merupakan salah satu komponen yang harus dirawat dengan baik. Sebab, jika tidak, sering kali komponen listrik pada mobil ini mengalami tekor.

Kadang pemilik mobil memilih untuk membeli aki yang baru kemudian memasang sendiri rumah, prosesnya pun cukup mudah dilakukan.

Meski begitu, saat melakukan penggantian aki secara mandiri di rumah, ada efek yang terjadi pada mobil. Setidaknya bisa membuat memori audio dan jam di kabin harus disetel ulang.

Baca juga: Realisasi Pabrik Alva yang Bisa Produksi 100.000 Unit per Tahun

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, mobil yang canggih jika diganti akinya secara mandiri bisa membuat perangkat elektronik di mobil error.

“Semakin canggih teknologi mesin atau mobil, semakin banyak yang error. Kalau mobil konvensional, minimal yang error adalah memori audio dan jam, jadi harus disetel kembali,” ucap Suparna kepada Kompas.com.

Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).

Suparna melanjutkan, ada beberapa kasus saat mencopot aki, sistem audio menjadi terkunci dan tidak bisa digunakan. Ada juga yang membuat sistem power window terganggu, putaran mesin yang tidak stasioner, bahkan sliding door otomatis jd error.

Maka dari itu, ia menyarankan agar mengganti aki di bengkel resmi. Sebab, jika dilakukan di bengkel, ketika aki dicabut, akan disambungkan ke power supply lain, jadi komponen elektronik tidak sempat kehilangan daya dan memori.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas Rp 50 Jutaan di Semarang

Adapun bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki mobil per Desember 2022.

Harga Aki untuk Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander

GS Astra
NS60 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS60S 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS40 32 Ah 12 V Rp 859.000
NS40Z 35 Ah 12 V Rp 918.000
NS40ZL 35 Ah 12 V Rp 918.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.