Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM memiliki dua test rider atau pebalap penguji, yakni mantan pebalap MotoGP yakni Dani Pedrosa, dan Mika Kallio.

Namun menjelang MotoGP 2023, CEO Pierer Mobility AG, Hubert Trunkenpolz, mengaku butuh test rider yang lebih muda untuk proyek MotoGP di masa depan. Trunkenpolz merasa bahwa keduanya sudah terlalu tua untuk menjadi pebalap penguji.

Terlebih di tahun ini KTM juga menurunkan dua tim dengan total 4 pebalap. Jack Miller dan Brad Binder berada di tim pabrikan KTM Red Bull, sedangkan GASGAS Tech3 ditempati oleh Pol Espargaro dan juara dunia Moto2 Augusto Fernandez.

Baca juga: Vinales Sebut Akan Lebih Banyak Tekanan di MotoGP 2023

Menurut Trunkenpolz, hal ini menjadi penanda dimulainya fase baru Pierer Group setelah lima kemenangan MotoGP di musim ketujuh, dengan susunan pebalap yang terlihat menjanjikan dari sebelumnya. Maka dari itu diperlukan pebalap penguji yang lebih muda.

Dani Pedrosa finis di urutan ke-10 pada MotoGP Styria 2021 saat menjadi wildcardDok. @26_danipedrosa Dani Pedrosa finis di urutan ke-10 pada MotoGP Styria 2021 saat menjadi wildcard

“Kami harus memastikan bahwa kami menemukan test driver yang lebih muda daripada Kallio. Kami memiliki pembalap penguji yang hebat di Pedrosa dan Kallio, tetapi mereka terus berkembang dalam beberapa tahun,” ucap Trunkenpolz, dikutip dari Speedweek, Kamis (1/12/2022).

Meski begitu, Trunkenpolz mengakui bahwa Pedrosa dan Kallio merupakan pebalap penguji yang hebat dan untuk mendapatkan pebalap penguji yang benar-benar bagus ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Baca juga: Strategi Transisi Toyota Menuju Net Zero Emission

"Saat ini kami tidak memiliki pertimbangan khusus mengenai hal ini. Karena tidak mudah menemukan test rider MotoGP yang benar-benar bagus. Anda hanya bisa mengambil mantan pembalap MotoGP, yang lainnya tidak ada artinya,” kata dia.

“Kami harus secara terbuka mengakui bahwa kami perlu mengambil tindakan di sini. Kami sudah memikirkannya, tetapi belum menemukan solusi nyata,” tambahnya.

Sebagai informasi Pedrosa saat ini sudah berusia 37 tahun ia menjalani peran sebagai pebalap penguji KTM sejak tahun 2016. Sementara untuk Kallio saat ini telah berusia 40 tahun, dan sudah menjadi pebalap penguji KTM sejak 2016 hingga 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.