Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan Merapah Trans-Sumatera 2022 mengandalkan Honda BR-V sebagai mobil yang megantarkan tim dari Jakarta sampai Banda Aceh.

Perjalanan yang ditempuh adalah 12 hari, melewati berbagai kondisi jalan dan cuaca. Efeknya, mobil jadi kotor karena melewati hujan dan kering, lalu berdebu juga selama perjalanan.

Selain bagian luar yang kotor, kabin atau interior pun ikut berantakan. Mengingat banyak waktu dihabiskan dalam mobil, jadi ada sisa makanan, sampai barang bawaan yang berserakan di kabin.

Baca juga: Perjalanan Panjang Honda BR-V dari Medan ke Aceh, Lebih dari 600 Km

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing

Tapi, interior yang kurang rapi tadi ternyata bisa memengaruhi mood atau suasana hati selama perjalanan. Rasanya jadi cepat lelah atau tidak betah berlama-lama di kabin mobil.

Oleh karena itu, mencuci mobil selama perjalanan jauh sebaiknya dilakukan. Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mobil yang bersih membuat suasana lebih nyaman.

"Interior yang bersih pasti membuat suasana lebih nyaman. Itu kenapa minimal saat long trip, barang-barang semuanya harus ditata rapi dan tidak meninggalkan bau menyengat sehingga mengganggu," ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Cara Sederhana Hilangkan Bunyi pada Karet Wiper


Menurut Sony, kabin yang bersih sangat berpengaruh pada suasana hati pengemudi atau penumpang. Berbeda dengan kabin yang kotor, kadang membuat penumpang risih dan tidak betah.

"Kondisi kebersihan kabin membuat suasana berkendara lebih rileks, ini menunjang pengemudi jadi lebih fokus," kata Sony.

Menurutnya, otak terstimulasi oleh penglihatan dan penciuman. Jika kondisi kabin kotor dan bau, maka akan memengaruhi perasaan, berbeda kalau bersih, membuat lebih rileks dan santai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.