Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 18:01 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 akhirnya menyelesaikan perjalanan dari Jakarta menuju Aceh dalam 12 hari. Tim sudah melalui 2.800-an kilometer jalan dengan berbagai kondisi.

Selama perjalanan, Honda BR-V yang kami gunakan tidak mengalami kendala sama sekali. Berbagai kondisi jalan kami lewati, dari yang mulus di tol, aspal, beton, sampai bergelombang dan berlubang.

Setelah melewati perjalanan yang panjang, sebaiknya mobil kembali diperiksa agar kondisinya bisa kembali fit untuk digunakan. Jangan sampai setelah touring ribuan kilometer ada komponen yang aus atau harus diganti segera.

Baca juga: Total Ongkos BBM yang Dihabiskan Honda BR-V Rute Jakarta-Aceh

Honda br-v Kompas.com/Adityo Honda br-v

Ivan Februari Andy, Kepala Bengkel Honda Arista Sudirman Pekanbaru mengatakan, berbagai komponen perlu diperiksa setelah mobil berjalan cukup jauh.

"Setelah jalan jauh, kita harus cek ulang kondisi level oli, apakah sama atau tidak," ucap Ivan kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain level oli yang ada di mesin, cek juga kondisi air radiator apakah berkurang atau tidak. Jika berkurang atau di bawah batas minimum yang ada di tabung reservoir, segera tambah sampai batas maksimum.

Baca juga: Video Viral Aksi Ugal-ugalan Bus Sumber Selamat Terekam Kamera


"Ban aki, kampas rem, air radiator dan kondisi filter udara dan AC harus dicek ulang," kata Ivan.

Untuk ban, tentu setelah jalan jauh kedalaman tapak bisa berkurang. Standarnya, ban punya ketebalan 1,6 mm, jadi kalau sudah menyentuh batas atau Tread Wear Indicator (TWI) setelah dipakai road trip, lebih baik diganti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.