Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos BBM Perjalanan dari Jakarta ke Pekanbaru dengan Honda BR-V

Kompas.com - 29/11/2022, 10:22 WIB

ACEH, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sedang melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Aceh sambil melihat progres dari Jalan Tol Trans-Sumatera. Kami melewati berbagai kota dari Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Rantauprapat, Medan, dan Banda Aceh menggunakan Honda BR-V terbaru.

Pada bahasan kali ini kami akan menuliskan berapa biaya untuk bahan bakar perjalanan dari Jakarta menuju Pekanbaru. Jadi biaya tersebut dikumpulkan dari data yang tim Merapah Trans-Sumatera 2022 dapatkan selama rute Jakarta-Lampung, Lampung-Palembang, Palembang-Jambi dan Jambi-Pekanbaru.

Untuk tiga rute pertama, total biaya BBM yang terkumpul adalah sebanyak Rp 883.500. 

Baca juga: Honda BR-V Rute Jakarta-Lampung, Cukup Beli BBM Rp 200.000-an

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Perjalanan kami dari Jambi ke Pekanbaru dimulai dari Grand Hotel Jambi yang ada di tengah kota. Kalau mengarah ke Pekanbaru, jalur yang dilewati adalah Jalan Lintas Sumatera (Jalintim) sejauh 439 Km kalau dilihat dari aplikasi navigasi.

Secara kondisi jalan, Jalintim ke arah Pekanbaru konturnya lebih halus daripada rute Palembang-Jambi. Jadi tidak banyak lubang dan perbaikan jalan, artinya mobil bisa melaju dengan konstan.

Selain itu, kondisi jalanan banyak yang menanjak dan menurun ditambah dengan berkelok-kelok, sehingga mesin mobil bekerja lebih keras ketika melibas tanjakan. Tapi dengan mesin 1.500 cc milik BR-V yang bertenaga 119,3 Tk bukan menjadi masalah yang berarti.

Baca juga: Kenapa Mobil PHEV Lebih Irit BBM daripada HEV?

Berdasarkan data MID, perjalanan dari Grand Hotel Jambi menuju Amaris Hotel Pekanbaru, jarak yang tercatat adalah sejauh 460,9 Km. Kemudian untuk konsumsi BBM yang tercatat di MID adalah 15,3 Kilometer per liter.

Kemudian, cara menghitung jumlah bahan bakar yang digunakan adalah membagi jarak tempuh dengan konsumsi bahan bakar. Maka hasilnya adalah 30,12 liter atau dibulatkan ke atas jadi 30,2 liter.

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing 
Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Lalu, untuk total biaya BBM, jumlah bahan bakar tadi dikalikan dengan harga Pertamax (RON 92) yang ada di Jambi, yakni Rp 14.200. Hasilnya, biaya BBM untuk perjalanan dari Jambi ke Pekanbaru sebanyak Rp 428.840 atau dibulatkan jadi Rp 429.000.

Terakhir, biaya BBM dari Jakarta menuju Pekanbaru adalah Rp 883.500 ditambah Rp 429.000, yaitu Rp 1.312.500. perlu diingat, biaya ini belum termasuk ongkos penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.