Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ongkos BBM Perjalanan dari Jakarta ke Pekanbaru dengan Honda BR-V

ACEH, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sedang melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Aceh sambil melihat progres dari Jalan Tol Trans-Sumatera. Kami melewati berbagai kota dari Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Rantauprapat, Medan, dan Banda Aceh menggunakan Honda BR-V terbaru.

Pada bahasan kali ini kami akan menuliskan berapa biaya untuk bahan bakar perjalanan dari Jakarta menuju Pekanbaru. Jadi biaya tersebut dikumpulkan dari data yang tim Merapah Trans-Sumatera 2022 dapatkan selama rute Jakarta-Lampung, Lampung-Palembang, Palembang-Jambi dan Jambi-Pekanbaru.

Untuk tiga rute pertama, total biaya BBM yang terkumpul adalah sebanyak Rp 883.500. 

Perjalanan kami dari Jambi ke Pekanbaru dimulai dari Grand Hotel Jambi yang ada di tengah kota. Kalau mengarah ke Pekanbaru, jalur yang dilewati adalah Jalan Lintas Sumatera (Jalintim) sejauh 439 Km kalau dilihat dari aplikasi navigasi.

Secara kondisi jalan, Jalintim ke arah Pekanbaru konturnya lebih halus daripada rute Palembang-Jambi. Jadi tidak banyak lubang dan perbaikan jalan, artinya mobil bisa melaju dengan konstan.

Selain itu, kondisi jalanan banyak yang menanjak dan menurun ditambah dengan berkelok-kelok, sehingga mesin mobil bekerja lebih keras ketika melibas tanjakan. Tapi dengan mesin 1.500 cc milik BR-V yang bertenaga 119,3 Tk bukan menjadi masalah yang berarti.

Berdasarkan data MID, perjalanan dari Grand Hotel Jambi menuju Amaris Hotel Pekanbaru, jarak yang tercatat adalah sejauh 460,9 Km. Kemudian untuk konsumsi BBM yang tercatat di MID adalah 15,3 Kilometer per liter.

Kemudian, cara menghitung jumlah bahan bakar yang digunakan adalah membagi jarak tempuh dengan konsumsi bahan bakar. Maka hasilnya adalah 30,12 liter atau dibulatkan ke atas jadi 30,2 liter.

Lalu, untuk total biaya BBM, jumlah bahan bakar tadi dikalikan dengan harga Pertamax (RON 92) yang ada di Jambi, yakni Rp 14.200. Hasilnya, biaya BBM untuk perjalanan dari Jambi ke Pekanbaru sebanyak Rp 428.840 atau dibulatkan jadi Rp 429.000.

Terakhir, biaya BBM dari Jakarta menuju Pekanbaru adalah Rp 883.500 ditambah Rp 429.000, yaitu Rp 1.312.500. perlu diingat, biaya ini belum termasuk ongkos penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/29/102200715/ongkos-bbm-perjalanan-dari-jakarta-ke-pekanbaru-dengan-honda-br-v

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke