Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 09:42 WIB

 

ACEH, KOMPAS.com - Perjalanan tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sudah sampai di Banda Aceh pada Senin (28/11/2022) dini hari. Kami sudah melewati berbagai kota dari Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Rantauprapat, Medan, dan Banda Aceh sambil menghitung berapa konsumsi BBM yang diraih oleh Honda BR-V.

Untuk etape pertama, dari Jakarta menuju Bandar Lampung, BR-V menghabiskan biaya Rp 206.000 untuk isi BBM. Sedangkan dengan rute Bandar Lampung-Palembang, ongkos untuk BBM sebanyak Rp 373.500.

Kemudian untuk keberangkatan ke Jambi, kami memulai perjalanan dari Palembang, tepatnya di hotel Amaris yang dekat dengan Jembatan Ampera. Kami pun langsung diarahkan lewat Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera untuk menuju Jambi.

 Baca juga: Hitung Biaya Bahan Bakar Perjalanan Jakarta-Palembang Pakai Honda BR-V

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Lewat aplikasi navigasi, Palembang menuju hotel yang ada di Jambi berjarak 274 Km dan bisa ditempuh dalam waktu delapan jam. Untuk kondisi Jalintim yang dilewati juga beragam, dari aspal dan beton mulus sampai berlubang.

Oleh karena itu, kecepatan yang dibawa Honda BR-V cukup beragam, mulai dari rendah sampai tinggi di 70-80 Kpj. Selain itu sering juga kami lakukan pengereman yang keras karena di ujung tanjakan ada jalan berlubang yang harus dihindari.

Hasilnya, berdasarkan MID kami menempuh jarak 287,7 km dengan konsumsi BBM 13,5 kpl. Sehingga jika dihitung, perjalanan dari Palembang ke Jambi membutuhkan 21,31 liter BBM dengan RON 92 atau dibulatkan ke atas jadi 21,4 liter.

 Baca juga: Motor Trail Bekas, KLX dan CRF Dibanderol Mulai Rp 15 Jutaan

Untuk biaya BBM, maka 21,4 liter dikali dengan harga Pertamax di Palembang yakni Rp 14.200. Hasilnya, untuk perjalanan dari Palembang ke Jambi membutuhkan uang Rp 303.880 atau dibulatkan Rp 304.000 untuk BBM saja.

Kemudian jika dijumlahkan dengan perjalanan dari Jakarta-Lampung dan Lampung-Palembang, maka biaya BBM-nya jadi Rp 883.500. Perlu diingat, ini hanya biaya untuk BBM, belum termasuk dengan penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.