Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Engine Swap Civic Estilo, Sedot Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 26/11/2022, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Estilo adalah mobil lama yang penuh pesona. Jarang dipunya, model tak ketinggalan, harga bekasnya pun di atas rata-rata.

Tak jarang pula pecinta otomotif yang meminang versi buntung dari Civic Genio untuk dijadikan bahan modifikasi.

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Fendy Setiawan. Pria yang akrab disapa Fendy, awalnya sengaja meminang Civic Estilo lansiran tahun 1993 sebagai bahan investasi.

Baca juga: Pembeli Innova Zenix, Mereka yang Punya Gaji Rp 30 Jutaan

“Dari dulu sudah ada rencana ingin membeli mobil klasik dan saya memilih Honda Estilo. Kebetulan populasinya jarang dan saya berfikir ini sebagai investasi, karena harga nya cenderung melambung,” ucap Fendy, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

 

Modifikasi Honda Civic EstiloAlfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

“Selain itu ada suatu kebanggan di jalan ketika mengendarai mobil klasik yang hits pada zamannya, bisa jadi pusat perhatian ketika kita di jalan raya,” lanjutnya.

Setelah meminang Honda Civic Estilo, pria asal Tangerang ini pun memutuskan untuk melakukan modifikasi agar tampilan kendaraanya semakin menarik, mengingat usia mobil yang tidak muda lagi.

“Jadi bagaimana caranya kita modifikasi agar tidak kalah gaya dengan mobil baru sekarang, tetapi nilai klasiknya tetap ada,” kata Fendy.

Adapun untuk konsep modifikasi yang dipilih oleh Fendy lebih ke track day, dirinya juga memilih untuk swap engine mesin menjadi lebih bertenaga.

Modifikasi Honda Civic Estilo Alfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

“Mesin yang saya pakai ada K-series 2.400 cc, jadi secara tenaga sudah cukup besar dan cukup mendukung untuk track day. Untuk urusan mesin saya percayakan pada Toyo Garage 1, yang memang khusus menangani mobil Honda Estilo,” ucapnya.

Pada bagian eksterior, Fendy mengecat ulang mobil dengan warna Red Ferrari yang membuat tampilan mobilnya menjadi lebih ganteng dan agresif.

“Bagian kaki-kaki saya sesuaikan juga untuk menopang tenaga mesin agar mobil rigid, serta pengereman di upgrade lebih maksimal,” ucap pria berusia 29 tahun ini.

Seperti penyematan pelek Regamaster Ring 15 original, as roda hasport K-swap, GAB SS Coilover, K-tuner muffler, lower control arm function 7, hardrace front ball joint, hardrace rear upper camber kit hingga hardrace front camber kit.

Adapun pada bagian interior, Fendy juga turut merubah beberapa bagian, seperti menyematkan brid low max carbon seat, K-tuned billet shifter, dan Nardi steering wheel deep corn.

Modifikasi Honda Civic EstiloAlfin Photoworks Modifikasi Honda Civic Estilo

Pria yang bekerja sebagai karyawan swasta ini turut membagikan kesulitannya saat memodifikasi Honda Estilo. Salah satunya adalah mencari part mesin karena banyak impor.

“Wiring (kabel mesin dan body) juga menjadi salah satu kesulitan karena rakit ulang dari nol oleh bengkel yang saya percayakan untuk upgrade mobil saya,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com