Kompas.com - 24/11/2022, 17:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -Toyota menghadirkan Kijang Innova Zenix dalam dua pilihan mesin, yakni berteknologi hybrid dan murni bensin dengan kode M20A-FKS Dynamic Force Engine.

Mesin bensin baru ini diklaim menawarkan efisiensi bahan bakar dan tenaga yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya. 

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyematkan mesin M20A-FKS yang berkapasitas 1.987 cc, 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i dengan tenaga 171 tk dan torsi 20,9 Kgm pada rpm 4.500-4.900.

Menjawab rasa penasaran, redaksi Kompas.com berkesempatan mencoba di pelataran Candi Borobudur, Magelang.

Baca juga: Kenalan dengan Teknologi TSS 3.0 Kijang Innova Zenix Hybrid

Dengan rute sejauh 2 kilometer (km), medan jalan kombinasi tanjakan, dan turunan kontur khas pedesaan menguji handling sasis baru monokok dengan platform TNGA (GA-C). 

Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

Kesan awal mencoba transmisi CVT K120 mode sequential shiftmatic 10 kecepatan, tarikan mesin dari putaran bawah terasa responsif yang membuat akselerasi dari 0-80 kpj bisa dengan cepat diraih. 

Terlebih saat digunakan untuk melakukan engine brake, laju putaran mesin menahan bobot kendaraan menghasilkan hentakan deselerasi setiap percepatan gigi transmisi. 

Saat jalan menurun dengan ruas jalan yang sempit dan menikung, handling terasa lebih presisi yang membuat gejala limbung mampu diredam dengan baik. Hal ini bisa saja karena faktor platform TNGA-C yang biasa dipakai ke sedan atau crossover.

Baca juga: Tes Kijang Innova Zenix Hybrid, Tenaga Besar Mulai Putaran Awal


Bantingan suspensi Innova Zenix punya karakater yang tergolong baik dan mampu menjaga stabilitas mobil saat kecepatan tinggi. Apalagi dengan paduan kaki-kaki yang menggunakan pelek diameter 18 inci dan ban 225/50 membuat putaran setir lebih presisi. 

Koreksi putaran setir tidak terlalu banyak ketika bermanuver ataupun melewati lintasan bergelombang.  Penggunaan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan semi-independent torsion beam di belakang juga bisa diandalkan meredam getaran jalan. 

Pada sesi test drive bersama jurnalis otomotif di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta itu, ada beberapa diantaranya mengeluhkan visibilitas mengemudi yang berkurang karena pemasangan head unit 10 inci. 

Baca juga: Pabrik Chery di Indonesia Jadi Basis Produksi Mobil Setir Kanan

Test drive Innova Zenix bensin di Kawasan Candi Borobudur, menguji performa dan fitur-fitur unggulan Nasmoco Test drive Innova Zenix bensin di Kawasan Candi Borobudur, menguji performa dan fitur-fitur unggulan

Pandangan mata ke depan sedikit terganggu dan harus disiasati dengan mengatur ketinggian jok. Belum lagi saat memastikan sisi aman kanan dan kiri, memaksa pengemudi beberapa kali mengkoreksi posisi kendaraan dari kaca spion. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.