Kompas.com - 24/11/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO 27 Trans belum lama ini mengambil bus baru dari Karoseri Adiputro yang memakai sasis Mercedes Benz 1836. Tidak lama berselang, dua bus lainnya kembali diambil tapi dengan sasis yang berbeda, yakni Hino RM.

Bus yang kali ini keluar juga menggunakan bodi Jetbus 3+ SHD Single Glass seperti unit yang memakai sasis 1836. Bedanya, kali ini dimensi panjang 12 meter dan posisi pintu belakang bukan ada di tengah.

Sasis Hino RM juga pas untuk dipasang ke bodi Jetbus 3+ SHD karena model suspensi udara yang wide atau lebar. Hasilnya, bodi dengan tinggi sekitar 3,8 meter ini bisa ditopang dengan baik.

Baca juga: PO Legendaris Sumatera Tambah Dua Bus Baru dari Karoseri Laksana

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

Secara tampilan eksterior, unit yang rilis kali ini sama penampakannya. PO 27 Trans memang senang bus yang polos, tanpa selendang di sisi kanan dan kiri.

Kemudian untuk kabin, susunan bangku satu di kanan dan dua di kiri (1-2) dipasang. Model ini biasa disebut dengan President Class untuk armada milik PO 27 Trans.

Pemilihan susunan ini juga bisa dibilang unik, di mana biasanya sisi kanan yang lebih banyak bangkunya (2-1). Tetapi untuk unit milik 27 Trans, malah sebaliknya, bangku di sisi kiri yang lebih banyak.

Baca juga: Mazda Siap Gelontorkan Rp 172 Triliun buat Investasi Kendaraan Listrik

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bangku yang digunakan dilengkapi dengan legrest. Selain itu ada juga toilet di bagian belakang.

"Bangku 1-2 dengan toilet belakang. Sekarang model pintu toiletnya baru, ada profilnya," kata Yohan.

President Class dari PO 27 Trans menjadi kelas layanan paling tinggi yang dimiliki PO asal Malang ini. Penumpang dimanjakan dengan berbagai fasilitas serta layanan yang prima seperti snack selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.