Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO 27 Trans, Pakai Sasis Hino RM

Kompas.com - 24/11/2022, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO 27 Trans belum lama ini mengambil bus baru dari Karoseri Adiputro yang memakai sasis Mercedes Benz 1836. Tidak lama berselang, dua bus lainnya kembali diambil tapi dengan sasis yang berbeda, yakni Hino RM.

Bus yang kali ini keluar juga menggunakan bodi Jetbus 3+ SHD Single Glass seperti unit yang memakai sasis 1836. Bedanya, kali ini dimensi panjang 12 meter dan posisi pintu belakang bukan ada di tengah.

Sasis Hino RM juga pas untuk dipasang ke bodi Jetbus 3+ SHD karena model suspensi udara yang wide atau lebar. Hasilnya, bodi dengan tinggi sekitar 3,8 meter ini bisa ditopang dengan baik.

Baca juga: PO Legendaris Sumatera Tambah Dua Bus Baru dari Karoseri Laksana

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

Secara tampilan eksterior, unit yang rilis kali ini sama penampakannya. PO 27 Trans memang senang bus yang polos, tanpa selendang di sisi kanan dan kiri.

Kemudian untuk kabin, susunan bangku satu di kanan dan dua di kiri (1-2) dipasang. Model ini biasa disebut dengan President Class untuk armada milik PO 27 Trans.

Pemilihan susunan ini juga bisa dibilang unik, di mana biasanya sisi kanan yang lebih banyak bangkunya (2-1). Tetapi untuk unit milik 27 Trans, malah sebaliknya, bangku di sisi kiri yang lebih banyak.

Baca juga: Mazda Siap Gelontorkan Rp 172 Triliun buat Investasi Kendaraan Listrik

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bangku yang digunakan dilengkapi dengan legrest. Selain itu ada juga toilet di bagian belakang.

"Bangku 1-2 dengan toilet belakang. Sekarang model pintu toiletnya baru, ada profilnya," kata Yohan.

President Class dari PO 27 Trans menjadi kelas layanan paling tinggi yang dimiliki PO asal Malang ini. Penumpang dimanjakan dengan berbagai fasilitas serta layanan yang prima seperti snack selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com