Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Produksi Kijang Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 21/11/2022, 11:56 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Toyota Indonesia resmi melakukan seremoni produksi lokal perdana mobil elektrifikasinya lewat Kijang Innova Zenix, yang untuk pertama kali meluncur di dunia, Senin (21/11/2022). 

Seperti diketahui, Toyota Kijang Innova diproduksi di Indonesia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan didistribusikan PT Toyota Astra Motor (TAM) ke pasar lokal.

Sebelumnya, Kijang Innova menggunakan platform Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV), platform ini juga digunakan pada Fortuner dan Hilux.

Baca juga: Nasmoco Buka Inden Innova Zenix, Siap Ramaikan Pasar Hybrid di Daerah

All New Toyota Kijang Innova Zenix HybridFoto: Toyota All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Namun kini, Kijang Innova Zenix tampil lebih premium, dengan beberapa pengembangan dari sisi kenyamanan dan fitur.

Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pasific mengatakan, Kijang Innova Zenix menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi di Indonesia.

"Hari ini adalah tonggak penting lainnya dalam perjalanan kami, saya ingin merayakan peluncuran perdana di dunia, mobil nasional ikonik Indonesia, Kijang," ujar Hao Quoc Tien di Karawang (21/11/2022).

"Terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas dukungan kuat, terutama untuk kendaraan hibrida listrik dan kami percaya bahwa kami dapat memperoleh skala sebagai model elektrifikasi massal dan dapat diakses untuk pasar Indonesia dan juga untuk ekspor," kata dia.

Baca juga: Pakai Fitur Honda BR-V yang Bikin Nyaman Perjalanan Jauh

All New Toyota Kijang Innova Zenix HybridFoto: Toyota All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, produksi baterai mobil listrik Toyota akan dilakukan secara bertahap.

"Kita lihat Toyota sudah melakukan perakitan battery pack," ucap Airlangga pada kesempatan yang sama.

"Tentunya pemerintah terus mendukung dan mengucapkan selamat atas peluncuran kendaraan sejuta umat Toyota Kijang dan berharap toyota bisa meengekspor Kijang ke lebih dari 50 negara di dunia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com