Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Mobil Listrik Murah Tesla, Elon Musk Sebut Masuk Akal

Kompas.com - 19/11/2022, 12:22 WIB
|

NUSA DUA, KOMPAS.com – Kendaraan listrik menjadi sebuah keniscyaan pada masa depan. Namun peralihan kendaraan dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan masih menemui ganjalan, terutama dari sisi harga.

CEO Tesla Elon Musk dalam B20 Summit Indonesia 2022, mengatakan, kehadiran mobil listrik murah penting untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik di negara berkembang.

“(Kendaraan listrik) jauh lebih terjangkau akan sangat masuk akal. (Tesla) harus melakukannya,” ujar Elon Musk, disitat dari tayangan Youtube B20 Indonesia 2022 (15/11/2022).

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Berlakukan Ganjil Genap Mulai Hari Ini

CEO Tesla Elon Musk hadir secara virtual di acara B20 Summit Indonesia 2022 di hari kedua tanggal 14 November 2022.YouTube/ B20 Indonesia 2022 CEO Tesla Elon Musk hadir secara virtual di acara B20 Summit Indonesia 2022 di hari kedua tanggal 14 November 2022.

Namun, dia tak mengungkap lebih jauh soal pengembangan produk, rencana peluncuran, maupun perihal harganya.

Sebelumnya, dalam pertemuan kuartal III perusahaan pada Oktober lalu yang dilansir dari laman Inside EV’s (19/11/2022), Elon Musk mengungkap detail tentang platform baru yang bakal digunakan untuk membuat mobil listrik murah.

Elon Musk mengatakan, platform berikutnya akan berukuran lebih kecil daripada basis Model 3 ataupun Model Y, dan kira-kira setengah harganya, dari yang saat ini dijual mulai 45.000 dolar AS atau setara Rp 700 jutaan.

Baca juga: Potret Motor MotoGP Suzuki yang Berakhir Jadi Rongsokan

Meski begitu, ia tak menjelaskan lebih detail saat ditanya kapan peluncuran 'mobil murah' Tesla itu dan seberapa besar biaya produksi bisa terpangkas. Dia cuma bilang platform baru ini tengah menjadi fokus tim pengembangan kendaraan baru.

Sementara itu, volume produksi model baru itu kabarnya bakal melampaui capaian Model 3 dan Model Y yang sekarang berkontribusi 95 persen terhadap penjualan Tesla pada kuartal II 2022.

Rumornya mobil listrik murah itu bakal memiliki banderol sekitar 25.000 dolar AS atau setara Rp 390 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.