Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat R&D Corner, Daihatsu Edukasi Masyarakat Soal Produksi Mobil

Kompas.com - 19/11/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan R&D Corner sebagai sarana informasi edukatif bagi masyarakat yang singgah di Rest Area Pendopo Km 456, Salatiga, Jawa Tengah.

Kegiatan yang diberi nama Daihatsu Week ini, merupakan upaya mendekatkan diri kepada pelanggan dengan menceritakan proses pengembangan mobilnya, dari tahap awal hingga produksi.

Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, proses pengembangan dilakukan menjadi empat tahap besar, yakni planning, styling, engineering, dan testing.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Mobil Listrik Toyota bZ4X

"Melalui kehadiran R&D Corner di Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456 ini, kami berharap para pengunjung memahami proses pengembangan kendaraan Daihatsu, serta memberikan kebanggaan bagi pelanggan terhadap mobil Daihatsu yang dimiliki sesuai visi R&D ADM, Dari Indonesia Untuk Indonesia," kata Mark dalam keterangan resminya, Sabtu (19/11/2022).

Pada tahapan planning, Daihatsu mengawali dengan melakukan survei pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi (jenis dan dimensi kendaraan) yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456ADM Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456

Setelahnya, dilanjutkan proses styling berupa perwujudan dari hasil analisa pasar melalui pembuatan sketsa gambar. Kemudian clay modeling, dan membuat data visual 3 dimensi untuk menjembatani ke proses selanjutnya.

Berikutnya tahapan engineering, desain mobil yang telah dibuat diwujudkan dengan memenuhi standar yang harus mengakomodir kualitas dan durabilitas yang terbaik pada setiap bagian, serta mewujudkannya dalam bentuk prototipe untuk uji coba.

Proses Testing adalah fase di mana produk harus lulus dan tervalidasi performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya sesuai kondisi di Indonesia.

Baca juga: Rapor Penjualan Mobil Oktober 2022, Toyota Daihatsu Teratas

Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456ADM Daihatsu Week at Resta Pendopo KM 456

Daihatsu memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, meliputi Design Center, Engineering Center, serta Test Course dengan 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalan di Indonesia seluas 25 Hektare (Ha), yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

"Fasilitas R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional," ujar Mark.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.