Kompas.com - 18/11/2022, 18:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Aparat kepolisian beberapa kali menangkap pelaku pemalsuan oli mesin untuk mobil dan motor. Meski pelaku tertangkap, kemungkinan oli palsu masih banyak beredar di masyarakat.

Hal itu membuat pemilik kendaraan perlu waspada ketika membeli oli. Jangan sampai tergiur dengan harga yang lebih murah, tapi ternyata oli yang dibeli merupakan oli palsu.

Lantas, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan oli palsu?

Baca juga: Cara Membedakan Oli Mesin Palsu dan Asli

Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasandok. Pertamina Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasan

 

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan oli palsu itu maksudnya oli dengan kemasan serupa tapi diisi dengan oli yang berbeda baik dari segi formula, kekentalan serta kualitasnya.

Oli palsu ya yang isinya tidak sesuai dengan kemasan, misalnya TMO tapi isinya oli yang tidak jelas formulanya, kekentalannya serta kualitasnya, maka dari itu ini sangat berbahaya untuk mesin,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Dia mengatakan oli palsu bisa saja diisi dengan oli yang memiliki kualitas yang lebih rendah, karena pelaku bisanya mencari untung.

Baca juga: Apakah Ada Perbedaan Filter Oli Mesin Innova Diesel dan Bensin?

Perawatan wajib ganti oli mesinInnova Community Perawatan wajib ganti oli mesin

“Bisa saja oli palsu ini diisi dengan oli lain, semacam oli curah atau sejenisnya yang harganya jauh lebih murah, karena pemalsuan pasti mencari keuntungan, tapi cara tersebut tidak bisa dibenarkan,” ucap Nyoman.

Dia mengatakan bahkan oli palsu bisa diisi dengan oli yang tidak jelas formulanya, karena ini menjadi oli yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Oli palsu tidak bisa dijamin kualitasnya, formulanya saja tidak jelas, maka dari itu hal ini bisa membahayakan mesin, sekaligus merugikan banyak pihak,” ucap Nyoman.

Baca juga: Efek Buruk Mesin Mobil Dipaksa Pakai Oli Palsu

Oli mesin TMO asli memiliki kode di kemasanNasmoco/Nyoman Oli mesin TMO asli memiliki kode di kemasan

Jadi, yang dimaksud oli palsu adalah oli dengan kemasan yang hampir mirip, namun isinya berbeda baik dari segi kualitas, kekentalan hingga formulanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.