Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DFSK Klaim Pabriknya di Banten Siap Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 18/11/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan merek asal senegaranya, DFSK mengklaim pabriknya yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten, siap untuk memproduksi mobil listrik.

Marketing Head PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi mengatakan, selain mengembangkan kendaraan listrik yang sesuai kebutuhan konsumen, DFSK sudah menyiapkan fasilitas produksi kendaraan listrik.

Tak hanya dalam negeri, orientasi produksi kendaraan listrik nantinya juga untuk luar negeri demi mengikuti tren permintaan konsumen yang ingin kendaraan ramah lingkungan.

"Kendaraan listrik sudah menjadi salah satu agenda DFSK ketika memulai bisnis di Indonesia, dan perlahan kami akan terus mempersiapkannya," ucap Rofiqi dalam keterangan resminya, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Toyota Segera Jual Mobil Listrik bZ4X Bekas KTT G20

Terkait pabrik di Cikande, Rofiqie mengklaim sanggup memproduksi berbagai jenis kendaraan, dari kendaraan internal combustion engine (ICE) hingga kendaraan listrik.

Karena itu, DFSK kemudian mengadopsi berbagai teknologi produksi terkini dan modern sehingga memenuhi status sebagai industri 4.0.

Pabrik DFSK Cikande, SerangDFSK Pabrik DFSK Cikande, Serang

"Kini DFSK sudah memiliki modal besar dalam hal produksi kendaraan listrik, yakni pabrik di Cikande, dan diharapkan bisa segera menghasilkan kendaraan-kendaraan yang diinginkan konsumen," ujarnya.

Pabrik yang berdiri sejak 2017 tersebut memiliki kapasitas produksi maksimal hingga 50.000 unit per tahun. Kapasitasnya bisa diatur secara fleksibel karena kemampuan produksi telah didukung teknologi robotik dan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih.

Teknologi robotik pabrik DFSK telah mencapai 90 persen untuk proses produksi. Adapun teknologi yang digunakan berupa lengan robotik yang mendapatkan dukungan operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya.

Keberadaan teknologi tersebut membantu SDM yang dimiliki dan berfungsi memaksimalkan kualitas pengerjaan dalam menghasilkan kendaraan listrik. Mengingat kendaraan listrik DFSK diklaim punya teknologi canggih dan membutuhkan tingkat presisi tinggi untuk menghasilkan produk yang aman, bisa diandalkan, canggih, serta kompetitif di pasar.

Baca juga: Mobil Listrik DFSK Seres SF5 Akan Diproduksi di Indonesia

abrik DFSK Cikande, SerangDFSK abrik DFSK Cikande, Serang

DFSK sudah memproyeksikan pabrik di Indonesia akan melahirkan kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan. Langkah ini sejalan dengan rencana pemerintah mengembangkan ekosistem kendaraan listrik untuk menghadirkan lingkungan yang lebih bersih serta berdaya saing internasional.

"Pemanfaatan fasilitas perakitan DFSK di Cikande akan membuat harga jual kendaraan listrik kami lebih terjangkau dari sebelumnya. Selain itu, penggunaan komponen lokal untuk meningkatkan TKDN juga memberikan stimulus bagi industri pendukung otomotif," kata Rofiqi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.