Kompas.com - 17/11/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAs.com - Mencari komponen sepeda motor yang sudah tidak diproduksi susah-susah mudah. Salah satunya ialah body set Kawasaki ZX-KRR 150 Thailand warna biru yang semakin jarang.

Seperti yang diceritakan Nazar Ray, salah satu penggiat komunitas Kawasaki, pengguna motor yang juga disebut Ninja 150 RR tersebut, saat ingin mengganti sepatbor depan motornya yang pecah.

Karena mencari bodi asli Ninja 150 RR Thailand sangat sulit, Ray mengatakan akhirnya mengganti dengan punya Ninja 150 RR lokal alias versi CKD yang dibuat PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Baca juga: Bahlil Ajak Australia Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Kawasaki ZX-KRR 150 ThailandFoto: Nazar Ray Kawasaki ZX-KRR 150 Thailand

"Lihat bedanya, teliti. Sepatbor depan RR biru lokal lebih terang sedikit. Itu saya pakai sepatbor depan RR lokal, yang original pecah. Bedanya yang warna biru KRR Thailand itu mirip bunglon," kata Ray kepada Kompas.com, Rabu (17/11/2022).

Ray mengatakan, awalnya mencari sepatbor depan motornya ke Kawasaki Indonesia, namun katanya tidak punya stok. Dia kemudian mencoba menghubungi Kawasaki Thailand dan hasilnya juga nihil.

"Dalam sebuah email, Kawasaki Thailand sendiri belum bisa memastikan bahwa mereka masih memiliki stok full set body Ninja ZX-KRR 150 biru. Sebaliknya, mereka meminta menanyakan ke Kawasaki Indonesia," kata Ray.

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Jadi Mobil Dinas Kapolri di KTT G20

Kawasaki Ninja ZX-KRR 150Foto: Nazar Rai Kawasaki Ninja ZX-KRR 150

"Lantas bagaimana, Kawasaki Indonesia sendiri ditanya malah tidak tahu. Khoop khun khrap," kata Ray yang mengatakan mendapat email balasan tersebut pada Mei 2020, atau saat awal pandemi.

Ray mengatakan, rupanya di Thailand sendiri bodi ZX-KRR 150 sudah sangat sulit ditemui. Konsumen harus mencarinya ke sentra otomotif atau pedagang spesialis yang memang punya stok.

Baca juga: Cara Membedakan Oli Mesin Palsu dan Asli

Kawasaki Ninja ZX-KRR 150Foto: Nazar Rai Kawasaki Ninja ZX-KRR 150

"Bodi biru ZX KRR di Thailand sendiri sudah tidak ada, adanya di aftermarket, seperti di pasar otomotif Kebon Jeruk, itu juga sudah langka," kata dia.

Ray mengatakan, dia kemudian mendapat informasi bahwa perintilan bodi-bodi yang dia cari ada di Malaysia. Namun, di sana bodi Ninja 150 RR dijual satu set dan harganya tidak murah.

"Ada yang jual di Malaysia, satu set body dijual sekitar Rp10 juta-Rp 12 juta. Kalo di Indo ada yang ngaku jual (Thailand) hampir pasti palsu, cat biru, dikasih sticker ZX, dijual dengan harga tinggi, tipu-tipu," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.