Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Sulitnya Mencari Bodi Kawasaki Ninja 150 RR Thailand

Seperti yang diceritakan Nazar Ray, salah satu penggiat komunitas Kawasaki, pengguna motor yang juga disebut Ninja 150 RR tersebut, saat ingin mengganti sepatbor depan motornya yang pecah.

Karena mencari bodi asli Ninja 150 RR Thailand sangat sulit, Ray mengatakan akhirnya mengganti dengan punya Ninja 150 RR lokal alias versi CKD yang dibuat PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

"Lihat bedanya, teliti. Sepatbor depan RR biru lokal lebih terang sedikit. Itu saya pakai sepatbor depan RR lokal, yang original pecah. Bedanya yang warna biru KRR Thailand itu mirip bunglon," kata Ray kepada Kompas.com, Rabu (17/11/2022).

Ray mengatakan, awalnya mencari sepatbor depan motornya ke Kawasaki Indonesia, namun katanya tidak punya stok. Dia kemudian mencoba menghubungi Kawasaki Thailand dan hasilnya juga nihil.

"Dalam sebuah email, Kawasaki Thailand sendiri belum bisa memastikan bahwa mereka masih memiliki stok full set body Ninja ZX-KRR 150 biru. Sebaliknya, mereka meminta menanyakan ke Kawasaki Indonesia," kata Ray.

"Lantas bagaimana, Kawasaki Indonesia sendiri ditanya malah tidak tahu. Khoop khun khrap," kata Ray yang mengatakan mendapat email balasan tersebut pada Mei 2020, atau saat awal pandemi.

Ray mengatakan, rupanya di Thailand sendiri bodi ZX-KRR 150 sudah sangat sulit ditemui. Konsumen harus mencarinya ke sentra otomotif atau pedagang spesialis yang memang punya stok.

"Bodi biru ZX KRR di Thailand sendiri sudah tidak ada, adanya di aftermarket, seperti di pasar otomotif Kebon Jeruk, itu juga sudah langka," kata dia.

Ray mengatakan, dia kemudian mendapat informasi bahwa perintilan bodi-bodi yang dia cari ada di Malaysia. Namun, di sana bodi Ninja 150 RR dijual satu set dan harganya tidak murah.

"Ada yang jual di Malaysia, satu set body dijual sekitar Rp10 juta-Rp 12 juta. Kalo di Indo ada yang ngaku jual (Thailand) hampir pasti palsu, cat biru, dikasih sticker ZX, dijual dengan harga tinggi, tipu-tipu," ungkap dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/17/102200415/cerita-sulitnya-mencari-bodi-kawasaki-ninja-150-rr-thailand-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke