Kompas.com - 16/11/2022, 15:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Bagian atap mobil yang dilengkapi kaca atau sunroof kini menjadi salah satu daya tarik dari kendaraan roda empat ini.

Bahkan, berbagai pabrikan mobil mengeluarkan rancangan terbaik pada bagian atap untuk menarik pasar.

Oleh karena itu, seiring perkembangan teknologi, desain atap kaca mobil juga alami kemajuan. Bukan hanya sunroof, kini ada moonroof hingga panorama roof.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

Namun, masih banyak yang keliru atau tidak tepat dalam merawat mobil yang memiliki rancangan atap sunroof, moonroof atau panoramic roof. Akibatnya, fitur mobil tersebut justru tidak bisa berfungsi dengan baik atau rusak.

“Karena terbuat dari kaca, maka berpotensi kaca tersebut berjamur. Sehingga sunroof, moonroof atau panoramic roof harus dibersihkan berkala,” kata Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepada Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Kendati sistem cara kerja dari sunroof, moonroof dan juga panoramic roof berbeda satu sama lain, namun terdapat persamaan pada cara perawatannya.

Didi menyarankan agar pemilik mobil memperhatikan mekanisme buka tutup dari atap mobil tersebut. Kemudian berikan pelumas pada area buka tutup agar tidak macet.

Lalu, bersihkan area sela-sela sunroof, moonroof dan juga panoramic roof dari debu dan pasir.

Sunroof pada VW T-CrossKompas.com/Donny Sunroof pada VW T-Cross

Baca juga: Bastianini Senang Jika Bisa Kalahkan Pecco Musim Depan

Pada bagian karet, semprotkan silicone grease agar tetap elastis meski terpapar sinar matahari.

“Pastikan saluran pembuangan airnya tidak tersumbat sehingga tidak berpotensi bocor saat hujan. Dan yang paling penting melumasi karet kaca (weather strip) dengan silicone grease agar karet tersebut tetap lentur karena karet tersebut akan kering terpapar panas matahari,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.