Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Rins Bilang Mesin Suzuki Setara Ducati di MotoGP 2022

Kompas.com - 16/11/2022, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins memberikan kado terindah sebelum Suzuki pergi dari MotoGP. Ia berhasil meraih kemenangan di MotoGP Valencia pada 6 November lalu.

Usai pebalap Spanyol itu keluar dari Suzuki dengan mata menangis, Rins mengaku selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Suzuki pada MotoGP 2022.

Sebab, Rins harus berpisah dengan Suzuki yang hengkang di akhir MotoGP musim ini. Seperti diketahui, Rins sudah resmi menjadi bagian dari LCR Honda usai MotoGP 2022 berakhir di Valencia.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Meluncur 21 November 2022

Pebalap asal Spanyol Alex Rins merayakan kemenangan pada balapan terakhir bersama Suzuki Ecstar. Balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki Ecstar jatuh pada MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap asal Spanyol Alex Rins merayakan kemenangan pada balapan terakhir bersama Suzuki Ecstar. Balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki Ecstar jatuh pada MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.

Balapan tersebut menjadi seri terakhir Suzuki tampil di MotoGP karena sudah memutuskan tidak berpartisipasi lagi pada musim 2023.

"Saya memberikan segalanya untuk Suzuki, musim ini luar biasa," ujar Rins, dikutip dari Speedweek (15/11/2022).

"Kami membuat langkah maju yang besar dalam performa mesin dan setara dengan Ducati. Kepergian Suzuki tidak mudah, tapi saya menghormatinya," kata dia.

Baca juga: Bukan Pakai Genesis G80 Electrified, Presiden Perancis Pilih SUV Legendaris Ini

Rins sebelumnya menjelaskan penarikan tim pabrikan itu telah memengaruhinya lebih dari yang dia kira. Namun Ia juga berharap bisa mengendarai motor yang berbeda setelah enam tahun bersama Suzuki.

"Kepastian bahwa Suzuki akan pergi sangat memengaruhi saya. Karena mengemudi tanpa kontrak untuk tahun 2023 tidaklah mudah," ucap Rins.

"Lalu, ada cedera di Mugello. Tidak ada yang berjalan dengan baik. Di rumah, saya bekerja dengan psikolog saya untuk tetap fokus 100 persen. Meskipun itu mungkin saat yang paling sulit dalam karir saya, saya berhasil melewatinya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com