Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Patokan Aki Mobil Sudah Penuh Dicas?

KLATEN, KOMPAS.com - Ketika aki pada mobil mengalami tekor, biasanya aki dicas terlebih sebelum melakukan penggantian. Cara tersebut kerap dilakukan dengan harapan aki masih bisa digunakan kembali.

Pengecasan aki bisa dilakukan di rumah bila memang memiliki alatnya. Bisa juga menghubungi tukang aki untuk mendapatkan bantuan.

Nah, maka dari itu perlu diketahui apa yang menjadi patokan bahwa aki tersebut sudah terisi penuh. Apa itu?

Pemilik Toko One Aki Ceper Wawan, mengatakan aki yang sudah terisi penuh bisa dicek menggunakan alat khusus.

“Untuk mengetahui apakah aki sudah penuh atau belum, bisa diketahui dengan alat khusus, yang bisa menyesuaikan tipe aki berdasarkan kapasitasnya,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Dia mengatakan pada alat tersebut bisa dipilih tipe akinya lalu alat akan menyesuaikan berapa kapasitas aki tersebut, dengan demikian akan diketahui apakah aki sudah terisi penuh atau belum.

“Ada beberapa patokan untuk menentukan aki sudah terisi penuh atau belum, pertama perlu memilih tipe akinya untuk menentukan kapasitas aki yang sedang dicas, bisa menggunakan JIS atau DIN sebagai patokan,” ucap Wawan.

Dia mengatakan alat pengukur aki akan dengan mudah mendeteksi berapa ampere kapasitas aki yang sedang diukur tersebut.

“Dengan kata lain, alat pengukur aki ini mampu mengukur kapasitas aki Ah, di alat tersebut biasanya juga dimudahkan dengan presentasi pengisian daya aki, jadi lebih mudah terbaca,” ucap Wawan.

Dia juga mengatakan selain ampere dan presentasi pengisian, patokan lainnya yang menandakan aki sudah penuh atau belum adalah Cold Cranking Ampere (CCA).

“Ada CCA, angka tersebut merupakan angka yang sudah ada skalanya menyesuaikan besar kecilnya kapasitas aki, semakin aki kekurangan daya listrik, maka angka CCA ini akan kecil, dan bila angka cca ini semakin naik mendekati standarnya maka aki semakin terisi penuh,” ucap Wawan.

Dia mengatakan di beberapa aki dilengkapi dengan mata kucing, secara pasti bila aki penuh maka hasil pengukuran di indikator tersebut akan menunjukkan bagus.

Jadi, ada beberapa patokan aki mobil yang sudah terisi penuh; sebagian besar bisa dibaca di alat pengukuran aki dan di aki yang dilengkapi dengan mata kucing sebagai indikator.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/15/114200915/apa-patokan-aki-mobil-sudah-penuh-dicas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke