Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bali-Mandara Siap Dukung KTT G20 Pakai Teknologi Ramah Lingkungan

Kompas.com - 13/11/2022, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 mendatang, ada sejumlah persiapan telah dilakukan mulai dari peningkatan kualitas infrastruktur hingga penyediaan kendaraan listrik.

Tim Penilai Jalan Tol Berkelanjutan bidang Pakar Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan, jalan tol Bali-Mandara setelah dilakukan penilaian telah melebihi Standar Minimal Jalan Tol karena memiliki ciri yang khas dan mengedepankan kearifan lokal.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Kesiapan Armada Kendaraan Listrik KTT G20

"Saya berharap Jalan Tol Bali - Mandara semakin lebih baik dalam setiap layanan dan pengelolaannya karena kita ingin standar jalan tol lain juga seperti jalan tol ini, terutama dari sisi beautifikasi yang sudah melakukan penyesuaian apalagi akan mendukung kegiatan G20 pada November mendatang," ucap Agus, dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, Sabtu (12/11/2022).

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh jalan tol ini dalam mendukung rangkaian kegiatan KTT G20, adalah diterapkannya infrastruktur ramah lingkungan.

Jalan Tol Bali-Mandara.Dok. BPJT Jalan Tol Bali-Mandara.

Baca juga: Begini Cara Toprak Atasi Cuaca Panas Sirkuit Mandalika

"Selain itu Jalan Tol ini sudah semakin meningkat dari tahun ke tahun, sehingga sisi keberlanjutannya harus terus dipertahankan. Seperti halnya pada tahun 2022 Jalan Tol Bali - Mandara telah menerapkan hemat energi yakni sudah adanya Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Water Recycling," ucap Endang Setyaningrum, Tim Penilai Jalan Tol Berkelanjutan bidang Kebersihan dan Manajemen Persampahan.

PLTS yang ditempatkan pada jalan tol tersebut memiliki kapasitas maksimum 400 kilowatt-peak (kWp) di enam titik, masing-masing di akses masuk dan keluar jalur motor di tiga gerbang tol.

Pasokan listrik tersebut akan menjadi sumber listrik yang ramah lingkungan untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), kantor operasional, dan juga gerbang tol.

Selain itu, PT Jasa Marga Bali Tol juga melakukan sejumlah penataan;seperti penanaman total 756.800 bibit mangrove, penanaman pohon, pembuatan taman, serta pembangunan PLTS.

Sebagai informasi, jalan tol yang terbentang sepanjang 12,7 kilometer ini merupakan jalan tol atas laut pertama di Indonesia, dan menjadi salah satu tol atas air terpanjang di dunia. 

Jalan tol ini juga menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang bisa dilintas oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor, karena tersedia jalur sepeda motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.