Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Antisipasi Masalah kalau Mobil Listrik Bermasalah di KTT G20

Kompas.com - 12/11/2022, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang perhelatan puncak acara presidensi konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022, Korlantas Polri Pastikan personel dan kendaraan listrik sudah siap untuk dioperasikan.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, semua kendaraan yang akan digunakan saat pengamanan perhelatan KTT G20 di Bali sudah siap dioperasikan.

“Untuk kendaraan yang akan mendukung kegiatan pengamanan maupun pengawalan KTT G20 di Bali ini sudah secara keseluruhan siap,” ucap Aan, dikutip dari NTMC Polri, Rabu, (9/11/2022).

Baca juga: Aturan Soal Energi Baru dan Terbarukan Masih Tahap Penyusunan

Meski demikian, Aan telah mengantisipasi jika terjadi kendala pada kendaraan yang digunakan saat pengawalan kepala negara dan delegasi KTT G20.

Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20Youtube NTMC Polri Kendaraan kepolisian untuk pengawalan KTT G20

“Setiap 100 km bisa satu kali cas, artinya setelah mungkin dipakai sudah berkurang, malam kita cas lagi. Disamping itu, jika terjadi masalah atau trouble di jalan, kita sudah siapkan kendaraan cadangan kemudian di Bali,” ucap Aan.

Untuk mendukung kelancaran kendaraan listrik yang digunakan saat KTT G20, saat ini sudah terdapat 10 fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di Bali termasuk 1 SPKLU untuk kendaraan roda dua, sehingga diharapkan asupan listrik untuk baterai tidak ada masalah.

Adapun pada KTT G20 nanti, sebanyak 127 kendaraan listrik roda empat dan roda dua serta 240 kendaraan fosil khusus telah disiapkan khusus untuk pengawalan dan pengamanan jalur yang akan dilintasi para delegasi.

Para personel juga sudah dilatih untuk mengendarai kendaraan listrik. Latihan ini bertujuan agar personel memahami dan meminimalisir hambatan pada saat mengawaki kendaraan kendaraan listrik tersebut.

Selain itu, Aan Suhanan juga memastikan semua personel yang ditugaskan dalam pengamanan KTT G20 sudah siap dalam menjalankan tugas. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah pelatihan yang telah diikuti para personel.

Baca juga: 30 Unit Mobil Listrik Blue Bird Disiapkan untuk KTT G20

“Personel sudah siap, sudah dilatih, bahkan sejak kemarin dua hari yang lalu kita terus melakukan pelatihan, baik rangkaian maupun pengamanan di titik-titik tertentu, semuanya untuk anggota yang patroli maupun penjagaan dan pengaturan sudah menggunakan kendaraan berbasis listrik,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com