Kompas.com - 10/11/2022, 15:49 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. Pembaruan Vario 125 merupakan upaya Honda untuk mempertahankan dominasi di skutik entry level kelas 110-125cc.

Sebelumnya Kompas.com sudah menjajal Vario 125 di fasilitas safety riding Astra Honda Motor (AHM). Kini Kompas.com mencoba kencan lebih lama dengan motor yang pertama kali diperkenalkan pada 2012.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Ganti Filter Kabin AC Mobil?

Ulasan pertama akan membahas desain, sebab desain merupakan bagian penting karena menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen.

 

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Desain New Vario 125 pada dasarnya tidak terlalu banyak perbedaan dengan yang lama. Buktinya saat Kompas.com bawa tak banyak orang yang sadar bahwa ini merupakan model terbaru, kecuali saat melihat pelat nomor.

Meski mirip-mirip dengan yang lama bukan berarti tanpa ubahan sama sekali. Motor ini membawa perubahan di beberapa bagian di eksterior. Ada kesan tampangnya dibuat mirip yang lama agar jadi pembeda dengan Vario 160.

Untuk diketahui Vario 125 resmi meluncur namun tampilannya masih mirip dengan Vario 125 lama, berbeda dengan Vario 160 yang meluncur pada Februari 2022 untuk gantikan Vario 150.

Baca juga: Italjet Dragster 500GP dan Motor Listrik E01 Hadir di EICMA 2022

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Padahal sebelumnya tampang Vario 125 dan Vario 150 berbagi desain. Bisa dibilang peluncuran New Vario 125 penegasan Honda untuk Vario 125 dan Vario 160 yang berbeda secara kelas.

Sampong Sureechairattanakul, Honda R&D Southeast Asia Co.Ltd., mengatakan, New Vario 125 dikembangkan melihat kebutuhan konsumen saat ini. Mesin lama masih cukup mewadahi kebutuhan tersebut.

Baca juga: Manhart Dongkrak Tenaga BMW M3 Touring Jadi Lebih Buas

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

"Untuk model Vario 125 ini itu dikembangkan berdasarkan kebutuhan konsumen saat ini. Kemudian disesuaikan dengan pola penggunaan konsumen sehari-hari, tetap mempertahankan keunggulan untuk dipakai harian, dan dipakai perkotaan," ujar dia di Cikarang, Jawa Barat, waktu itu.

Jika melihat secara dekat sebetulnya perubahan di eksterior cukup terasa. Penampilannya kini lebih sporty, dengan fairing yang memiliki lubang dan detail di bagian tebeng yang agresif.

Ubahan lainnya yaitu bentuk spion, ban lebih besar dan ada tambahan smart key system serta colokan USB buat charging gawai di konsol boks sebelah kiri. Konsol tersebut punya penutup sehingga aman dari air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.