Kompas.com - 10/11/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat ini mungkin lebih fokus dengan motor sport dan motor trail maupun adventure. Padahal di Eropa dan beberapa negara Asia, ada skutik gambot Kawasaki J300.

Motor ini punya desain agresif dengan lekuk bodi yang tajam. Tampilan depan bahkan mirip dengan motor sport Kawasaki, Ninja 250R, namun dengan visor bening yang tinggi.

Bila meluncur di Indonesia, Kawasaki J300 alias Ninja versi matik ini bakal jadi lawan sepadan buat Honda Forza maupun Yamaha XMAX di kelas skutik 250 cc.

Baca juga: Apa Bedanya PO Gunung Harta dengan Bus Merah dan Hijau?

Skutik Kawasaki J125Kawasaki Skutik Kawasaki J125

Terlebih lagi, skutik merupakan segmen motor dengan penjualan terbanyak di Indonesia. Dilansir dari data AISI (10/11/2022), motor skutik masih mendominasi penjualan pada Oktober 2022 sebanyak 87,75 persen.

Sedangkan motor bebek atau underbone berkontribusi sebesar 6,46 persen. Dan motor sport sekitar 5,79 persen.

Meski begitu, Head Sales & Promotion PT KMI Michael C. Tanadhi, mengatakan, pihaknya belum ada rencana meluncurkan motor di segmen skutik.

Baca juga: Merasa Langgar Lalu Lintas, Ini Cara Mudah Cek Tilang Elektronik

“Kita enggak, belum ada rencana satu hingga dua tahun mendatang, belum ada (rencana matik Kawasaki),” ujar Michael di Jakarta (7/11/2022).

“Kita memang Kawasaki Indonesia, policy-nya kita ada di segmen sport,” kata dia.

Untuk diketahui, Kawasaki J300 dibekali Mesin 299 cc SOHC 4 valve. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sekitar 27 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 29,4 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: Alex Marquez Merasa Cocok dengan Motor Ducati

Skutik Kawasaki J125Kawasaki Skutik Kawasaki J125

Beralih ke kaki-kakinya, J300 dibekali dengan suspensi depan model teleskopik dengan diameter 37 mm, serta suspensi belakang ganda dengan lima tingkat penyetelan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.